Gulir ke bawah
Blibli.com
Shopee Indonesia
iStyle ID
Tekno

Sukses Peluncuran, Kini Satelit Nano SS-1 Karya Anak Bangsa akan Dilepas ke Orbit

663
×

Sukses Peluncuran, Kini Satelit Nano SS-1 Karya Anak Bangsa akan Dilepas ke Orbit

Sebarkan artikel ini

Pada Agustus 2018, Tim SS-1 memenangkan sayembara tersebut tingga mendapatkan slot peluncuran satelit nano dari International Space Station (ISS).

Sebelum SS-1 diluncurkan, satelit ini telah melalui berbagai tahap pengerjaan. Mulai dari tahap desain, simulasi, prototyping, perakitan, dan pengujian. Setelah diumumkan jadi pemenang sayembara Kibo-Cube, tim SS-1 pun menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Pusat Teknologi Satelit LAPAN.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Bentuk kerja samanya mulai dari bimbingan pembuatan satelit nano, pengadaan komponen space grade, hingga pemakaian alat pengujian yang diperlukan dalam pembuatan SS-1.

Selanjutnya, tim SS-1 bekerja sama dengan organisasi antariksa Jepang, JAXA untuk pembimbingan proses pembuatan satelit nano yang terdiri atas beberapa fase peninjauan.

Pada Februari 2019, tim SS-1 melakukan kerja sama dengan PT Pudah Scientific untuk proses pengadaan manufaktur struktur dari SS-1. Selanjutnya setelah melalui bimbingan dengan JAXA, pada Desember 2019, tim SS-1 dinyatakan lolos tahap fase 2 dan melanjutkan ke fase 3, yakni pembuatan dan pengujian satelit nano.

Lalu, pada 2020, dilanjutkan proses pengerjaan dokumen fase 3 dan pengadaan beberapa komponen untuk flight model Surya Satellite-1. Pada pertengahan 2021, dimulai perangkaian satelit SS-1 dan tahap pengujian di Pusat Teknologi Satelit LAPAN, Bogor.

Akhir 2021, tim menyelesaikan environment test dan di tahun yang sama, tim SS-1 bersama PT PSN membangun Stasiun Bumi untuk dipakai tim SS-1.

I Love Wallpaper Store