Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Tekno

Pemerintah Sambut Perusahaan Global Bangun Pusat AI

50
×

Pemerintah Sambut Perusahaan Global Bangun Pusat AI

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika sambut baik komitmen perusahaan teknologi multinasional asal Amerika Serikat Nvidia.

Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan, Nvidia bekerja sama dengan PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk rencananya membangun Pusat AI di Solo Technopark, Kota Solo Jawa Tengah pada tahun 2024.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

“Ada komitmen dari Nvidia dan Indosat untuk berinvestasi senilai USD200 juta atau Rp3 Triliun untuk membangun Indonesia AI Nation di Solo Technopark,” ungkapnya di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta.

“Sudah disampaikan Pak Vikram Sinha (CEO Indosat) ke Pak Walikota Solo (Gibran Rakabuming Raka) bahwa Indosat dan Nvidia komitmen untuk investasi dalam bentuk infrastruktur dan peningkatan umberdaya manusia. (Kenapa di Solo) karena SDM-nya bagus, kondisinya siap, ada 5G juga di sana,” jelasnya.

Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria menambahkan, kerja sama Nvidia dengan Pemerintah telah dicanangkan sejak beberapa tahun yang lalu untuk peningkatan kualitas talenta digital Indonesia di bidang AI.

“Kalau tidak salah di Tahun 2022 – 2023 Nvidia juga berkomitmen membantu pendidikan hampir 20 ribu mahasiswa Indonesia untuk meningkatkan skill-nya di bidang AI dari bagian pengembangan talent digital di Indonesia,” jelasnya.

Menurut Wamenkominfo, pembangunan Pusat AI merupakan tindak lanjut dari komitmen jangka panjang Nvidia di Indonesia melalui kerja sama lima tahunan.

“Ini yang dipertajam lagi dengan Indonesian AI Nation itu, saya kira memang sangat strategis dan Nvidia sendiri satu perusahaan yang kita tahu performance-nya bagus dalam lanskap industri AI di tingkat global,” ujarnya.

Wamen Nezar Patria menilai pembangunan Pusat AI di Indonesia bekerja sama dengan Nvidia strategis.

“Jadi kerja sama ini sangat strategis dan kita berharap ada transfer teknologi juga sehingga kita gak cuma jadi users, tapi nanti bisa menjadi bagian dari pemain AI yang diperhitungkan baik di kawasan maupun di tingkat global,” tandasnya. (medcom)

I Love Wallpaper Store