Gulir ke bawah
Blibli.com
Shopee Indonesia
iStyle ID
Tekno

Sukses Peluncuran, Kini Satelit Nano SS-1 Karya Anak Bangsa akan Dilepas ke Orbit

655
×

Sukses Peluncuran, Kini Satelit Nano SS-1 Karya Anak Bangsa akan Dilepas ke Orbit

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Satelit nano pertama karya anak bangsa bernama Surya Satellite (SS-1), telah sukses meluncur menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS pada 27 November 2022. Saat itu, satelit SS-1 meluncur dengan roket SpaceX CRS-26.

Kini, satelit nano pertama tersebut akan dilepaskan dari ISS menuju orbit Low Earth Orbit (LEO). Pelepasan satelit SS-1 menuju orbit rendah Bumi dilakukan dengan modul deployer milik agensi antariksa Jepang, JAXA.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Dengan pelepasan satelit SS-1 menuju orbit, satelit tersebut akan beroperasi di ketinggian 400-420 Km di atas perbukaan Bumi dengan sudut iklinasi 51,7 derajat.

Mengutip keterangan resmi BRIN, Kamis (5/1), peluncuran satelit nano SS-1 relatif baru di Indonesia. Hal ini karena mayoritas satelit yang beroperasi berjenis mikro.

Sementara, SS-1 merupakan satelit nano atau cubesat yang berukuran 10x10x11,35 cm dengan berat 1-1,3 Kg. Ukuran satelit nano lebih kecil dibandingkan satelit mikro alias tubesat, yang memiliki bobot 50-70 Kg.

Kepala Organisasi Riset Penerbangan dan Anatriksa BRIN Robertus Heru Triharjanto menyebut, peluncuran dan pelepasan SS-1 menuju orbit akan memberikan suntikan motivasi terhadap pentingnya penguasaan teknologi satelit bagi Indonesia.

SS-1 juga memiliki gagasan yang penting, yakni untuk membangun kapabilitas generasi muda Indonesia dalam penguasaan teknologi satelit.

Sekadar informasi, proyek SS-1 diinisiasi oleh engineer Indonesia dari Surya University, bekerja sama dengan Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI) sejak Maret 2016.

I Love Wallpaper Store