Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Politik

Nova Hendria, Figur Muda Tanah Datar yang Muncul dalam Bursa Pilkada

418
×

Nova Hendria, Figur Muda Tanah Datar yang Muncul dalam Bursa Pilkada

Sebarkan artikel ini

TANAH DATAR – Pilkada Serentak 2024 tak lama lagi akan dilangsungkan. Di Kabupaten Tanah Datar, sejumlah nama mulai mengapung. Figur-figur baru mulai bermunculan, mulai dari tokoh perantau, politisi, hingga pengusaha.

Di negeri yang dikenal sebagai Luhak nan Tuo dengan jumlah penduduk 374.431 jiwa (sensus 2021), suara-suara masyarakat pun mulai berseliweran terkait sosok pemimpin yang mereka harapkan.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

“Kita ingin figur muda yang telaten untuk mengelola Luhak nan Tuo dengan segala dinamikanya ini,” demikian sebut salah seorang warga kepada media ini beberapa waktu lalu.

Ketika ditanya terkait sosok yang dimaksudnya, nama salah seorang tokoh muda Tanah Datar pun mencuat. Nova Hendria, SH.

Siapa Nova Hendria yang kini juga memangku gelat adat Dt. Pado Kayo itu? Tentu tak asing bagi warga Tanah Datar. Nova adalah anggota DPRD Tanah Datar periode 2019-2024 dari Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Munculnya nama Nova Hendria sebagai sosok yang mulai hangat dibicarakan oleh warga Tanah Datar khususnya dari wilayah barat (Batipuh – X Koto), bukan sekadar menganjungkan nama tanpa reputasi dan prestasi.

Selain sebagai politisi muda sejak 20-an tahun lalu, Nova Hendria adalah sosok aktivis yang sudah malang melintang di berbagai organisasi kepemudaan dan kampus.

Mantan Ketua Partai NasDem Kabupaten Tanah Datar itu sejak masih muda, dikenal aktif dalam pergerakan kepemudaan. Tercatat, ia pernah menjadi Wakil Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Pabasko. Selain itu, ia juga aktif di Karang Taruna Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh sebagai ketua.

Tak hanya itu, Nova Hendria juga merupakan pemangku adat yang hingga kini mengabdikan dirinya sebagai Sekretaris Kerapatan Adat Nagari Batipuh X Koto.

Dalam sebuah pertemuan dengan Nova Indra, pimpinan lembaga Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati, Selasa (16/4), Nova Hendria mengungkapkan, sudah saatnya Batipuh X Koto bangkit menuju kursi kepemimpinan daerah Tanah Datar.

“Dukungan masyarakat tentunya sangat kita butuhkan. Walaupun secara politik, partai NasDem akan melihat sejauhmana rekomendasi diberikan kepada sosok yang tepat,” ujar Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Tanah Datar itu.

Terkait dukungan masyarakat Batipuh X Koto yang kini tengah menghangat untuk Nova, ia pun tidak ingin jumawa.

“Saya berterimakasih atas dukungan yang muncul dari lapisan masyarakat, baik dari elemen kepemudan maupun dari unsur adat. Kita ingin melihat bagaimana ke depan,” sambung putera Andaleh Nagari Bungo itu.

Ke depan, katanya, pertemuan-pertemuan politik pun akan dilakukan. Termasuk program-program mendasar untuk pembangunan daerah.

Seperti diketahui, Pilkada Serentak 2024 akan digelar pada 27 Nopember mendatang. Pergerakan politik menuju Pilkada pun mulai hangat didiskusikan di seluruh wilayah Luhak nan Tuo. (ni)

I Love Wallpaper Store