Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Hiburan

P3SDM Melati dan Marawa Pro Gagas Film Dokumenter Situs Budaya

618
×

P3SDM Melati dan Marawa Pro Gagas Film Dokumenter Situs Budaya

Sebarkan artikel ini
Marde Putra, pimpinan Marawa Pro. (Dok. Pribadi)

TANAH DATAR – Pelestarian budaya daerah, menjadi tanggungjawab semua pihak. Pemerintah daerah dalam hal ini, menjadi salah satu penanggungjawab program tersebut.

Berbincang dengan Marde Putra, salah seorang sineas Sumatera Barat, pimpinan rumah produksi Marawa Pro, yang telah malang-melintang menggarap menggarap film-film bergenre romantisme budaya Ranah Minang sejak sepuluh tahun lalu, dirinya memiliki harapan agar khazanah budaya tersebut dapat dilestarikan dengan beragam cara.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

“Salah satunya dengan mendokumentasikan aset budaya tersebut dalam bentuk film dokumenter,” sebutnya dalam diskusi bersama pimpinan lembaga Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati, Sabtu (6/7).

Marde yang juga pegiat silat dari perguruan silat Ampu Silang itu mengatakan, Marawa Pro yang dipimpinnya, selama ini telah banyak melahirkan film-film bergenre budaya.

Screenshot salah satu film garapan Marawa Pro berjudul Elna. (Dok. Marawa Pro)

“Untuk film yang kita garap selama ini ada sekitar 16 judul. Sebagiannya bergenre romantisme budaya. Ada yang murni mengangkat isu-isu budaya, seperti persoalan adat, pencak silat dan lainnya,” sebut sineas yang yang kini tengah menyelesaikan film berjudul Rumah Ini Butuh Tuhan itu.

“Khusus di film terbaru ini, kita mengangkat pentingnya pemahaman peran mamak dan ayah di Minangkabau. Karena fenomena yang terjadi, dalam tatanan sosial, fungsi mamak seolah terabaikan,” sebutnya.

Menanggapi hal itu, Nova Indra, pimpinan lembaga P3SDM Melati menyampaikan, situs budaya dan khazanah budaya lokal, memang perlu mendapat perhatian serius.

“Banyak situs budaya kita yang terabaikan. Perlu upaya pemangku kepentingan berupa kebijakan untuk ini. Kami di P3SDM Melati, akan programkan kegiatan-kegiatan pendokumentasiannya dalam bentuk film bersama Marawa Pro,” sebut Nova.

Untuk follow-up rencana tersebut, P3SDM Melati dan Marawa Pro, sebut Nova, akan melanjutkan perbincangan bersama pihak-pihak dari pemangku kepentingan. (*)

I Love Wallpaper Store