Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Bisnis

RND Grow Kembangkan Sistem Fertigasi di Pertanian Tanah Datar

2928
×

RND Grow Kembangkan Sistem Fertigasi di Pertanian Tanah Datar

Sebarkan artikel ini

TANAH DATAR – Perkembangan sistem pertanian modern perlu menjadi pilihan. Paradigma bertani dengan pola konvensional, ternyata mesti dialihkan pada sistem penggunaan teknologi tepat guna.

“Kita akan mengajak para petani untuk melakukan perbaikan pola bertani yang selama ini masih dengan cara konvensional. Untuk itu, kami dari RND Grow Farm & Nursery, dalam waktu dekat akan terjun langsung melakukan penyuluhan,” demikian sebut Radi Alfurqani, Direktur RND Grow Farm & Nursery, Senin (17/6) kepada awak Warta-1.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Menurut Radi yang sehari-hari sebagai seorang pegiat pertanian modern itu, salah satu sistem pertanian modern itu adalah dengan menggunakan fertigasi (red – fertilisasi dan irigasi terpadu).

Dengan sistem fertigasi, banyak keuntungan yang diperoleh. Dan tentunya hal ini sangat membantu petani dalam berkegiatan mengelola lahan pertaniannya,” sebut Radi.

Ia mengatakan, sistem fertigasi dapat dipakai dengan lahan dengan cara penanaman dalam wadah seperti polybag. “Kita pakai instalasi fertigasinya pada lahan yang tersedia. Dengan demikian, nutrisi tanaman atau pupuk yang diaplikasikan pada tanaman akan lebih efisien dan efektif,”  jelasnya.

Untun nutrisi tanaman pada sistem fertigasi, RND Grow Farm & Nursery sebut Radi, telah menyiapkannya.

“Selain nutrisi atau pupuk yang langsung diolah oleh tenaga ahli RND Grow Farm & Nursery, kita juga langsung sediakan insektisida dan jenis lainnya. Jadi petani yang menggunakan sistem fertigasi, akan tetap dalam monitoring tim ahli kami sampai selesainya masa produksi,” papar Radi yang telah empat tahun lebih menjalankan sistem fertigasi tersebut.

Dijelaskan Radi, kini RND Grow Farm & Nursery melalui kegiatan-kegiatan bersama kelompok tani yang ada, akan melakukan penyuluhan di Tanah Datar.

“Kita mulai secara bertahap. Salah satunya dengan membuat demplot di lokasi-lokasi tertentu sebagai pilot project. Kini sudah mulai di lokasi Polsek Batipuh melalui program P2L Bhayangkari,” pungkas Radi. (ni)

I Love Wallpaper Store