Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Perspektif

Memilih Pemimpin, Masyarakat Perlu Lebih Cermat

127
×

Memilih Pemimpin, Masyarakat Perlu Lebih Cermat

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi memilih pemimpin. (net)

TANAH DATAR – Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 telah memasuki tahapan awal. Penjaringan nama-nama bakal calon kepala daerah telah pula dimulai oleh partai politik di seluruh daerah. Lalu, siapa yang layak menjadi pemimpin?

Ketika mencalonkan diri sebagai pemimpin daerah, masyarakat harus memahami dengan jelas visi dan misi yang ditawarkan oleh calon tersebut. Apakah visi dan misi tersebut lebih mengarah pada urusan wajib atau urusan pilihan.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Mencermati hal itu, dapat dilakukan oleh masyarakat dengan melihat sejauhmana calon pemimpin memberikan tawaran program unggulan, yang benar-benar menjawab persoalan yang tengah dihadapi masyarakat. Hal itu perlu menjadi pertanyaan penting.

Masyarakat juga perlu melihat apakah program-program yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan dapat memberikan solusi bagi permasalahan yang ada di daerah tersebut. Dan satu sisi lain, tingkat kelogisan program patut pula diukur.

Selain itu, masyarakat juga harus memperhatikan strategi yang diusung oleh calon pemimpin daerah untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Strategi yang jelas, terukur, dan dapat diimplementasikan dengan baik, menjadi kunci keberhasilan dalam meningkatkan kesejahteraan warga dan daerah.

Kesuksesan seorang pemimpin daerah dalam kepemimpinannya, dapat diukur dari tingkat kesejahteraan masyarakat selama pejabat tersebut memimpin, bila yang bersangkutan adalah person yang pernah menjadi pemimpin di tingkat yang sama atau berbeda. Apakah tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat atau justru menurun selama masa kepemimpinannya.

Kesejahteraan masyarakat dapat menjadi tolak ukur untuk menilai suksesnya seorang pemimpin daerah. Jika tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat dan angka kemiskinan menurun dari tahun ke tahun, maka pemimpin daerah tersebut dapat dikatakan berhasil dalam memimpin daerahnya.

Upaya untuk mengukur kinerja kepala daerah perlu ditradisikan, agar para pemimpin daerah terjaga akuntabilitasnya dan masyarakat lebih cerdas dalam menentukan pilihannya. Masyarakat harus cerdas dalam memilih pemimpin yang benar-benar berkompeten, dan memiliki komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepada kepala daerah, masyarakat menumpangkan harapannya untuk dapat hidup lebih sejahtera. Oleh karena itu, calon pemimpin daerah harus benar-benar memprioritaskan program-program yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam mengkampanyekan visi dan misinya, calon pemimpin daerah harus bersikap transparan dan terbuka kepada masyarakat. Masyarakat berhak untuk mengetahui secara detail program-program yang ditawarkan dan bagaimana strategi untuk mewujudkannya.

Selain itu, calon pemimpin daerah juga harus memiliki rekam jejak yang baik dan tidak terlibat dalam kasus-kasus korupsi atau penyalahgunaan wewenang. Integritas dan komitmen terhadap kepentingan masyarakat, menjadi faktor penting dalam menilai kelayakan calon pemimpin daerah.

Pada akhirnya, masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam memilih pemimpin daerah yang tepat. Masyarakat harus cerdas dan kritis dalam menilai visi, misi, program, dan strategi yang ditawarkan oleh calon pemimpin daerah, sehingga dapat memilih pemimpin yang benar-benar mampu meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan dalam multi aspek. (*)

Penulis: Aliardi (Direktur Research Luak Nan Tuo Institute)

I Love Wallpaper Store