Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Bisnis

Gunakan Pupuk D’Panen, Mukhyar: Bantu Petani Tingkatan Hasil Panen

110
×

Gunakan Pupuk D’Panen, Mukhyar: Bantu Petani Tingkatan Hasil Panen

Sebarkan artikel ini

TANAH DATAR – Kembangkan budidaya pertanian hortikultura, tokoh masyarakat Padang Luar Nagari III Koto, Kec. Rambatan, Drs. Mukhyar DN, gunakan pupuk organik D’Panen yang dipasarkan PT Abi Duta Indonesia.

“Kita sedang lakukan ujicoba pengunaan pupuk D’Panen ini di lahan yang ada. D’Panen adalah pupuk yang sangat praktis. Penggunaan D’Panen yang merupakan biang pupuk teknologi Jepang, akan sangat membantu proses tumbuh kembang tanaman hingga menghasilkan panen yang berlimpah,” demikian sebut Mukhyar kepada awak media ini, Rabu (12/6) pagi.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Mukhyar mengatakan, sistem pertanian saat ini tidak bisa lagi monoton dengan pola konvensional murni.

“Kita para petani sudah harus membuka mata terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Ada banyak sistem yang dapat dijadikan cara untuk memajukan pola pertanian. Dan di sini kita harus cerdas mencermatinya,” imbuh mantan pendidik yang kini fokus mengembangkan pemasaran produk PT Abi Duta Indonesia itu.

Di lahan seluas 1.8ha yang terletak di Nagari Padang Magek, Mukhyar pun memulai proyek percontohan penggunaan pupuk D’Panen tersebut.

Demplot menggunakan Pupuk D’Panen. Tomat, cabai dan terong ditanam tanggal 4 April 2024. Sementara kacang boncos ditanam tgl 3 Mei 2024. (Foto: Mukhyar)

“Ada demplot yang kita khususkan sebagai lahan ujicoba. Saat ini, sebagian lahan kita tanami dengan tomat, cabai dan terong serta kacang boncos dengan menggunakan pupuk D’Panen tanpa pupuk lainnya,” terang Mukhyar lagi.

Ia menjelaskan, pupuk D’Panen mengandung unsur hara makro dan mikro yang penting untuk pertumbuhan tanaman.

“Jadi, D’Panen akan membantu petani meningkatkan hasil panennya. Tentunya ini sangat menguntungkan sepanjang penggunaannya sesuai petunjuk yang ada,” papar Mukhyar.

Kembangkan Lahan untuk Pertanian Modern

Selain melakukan ujicoba pupuk D’Panen, lahan yang cukup luas itu juga dikembangkan untuk ujicoba pertanian modern lainnya.

“Lahan ini juga akan kita jadikan pilot project penggunaan pola pertanian modern dengan sistem fertigasi. Untuk sistem ini, kita kerjasamakan dengan Perusahaan RND Farm,” jelas Mukhyar.

Sistem fertigasi (fertilisasi dan irigasi terpadu), adalah pola pertanian modern yang sangat menguntungkan petani dengan lahan terbatas.

“Sistem fertigasi bisa dilakukan di atas tanah atau dengan meletakkan media tanam tergantung. Kita akan lakukan juga pola tersebut beberapa waktu ke depan,” imbuhnya.(ni)

I Love Wallpaper Store

Tinggalkan Balasan