Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Nasional

BMKG: Banjir Lahar Dingin Marapi Lebih Besar Dapat Terjadi

197
×

BMKG: Banjir Lahar Dingin Marapi Lebih Besar Dapat Terjadi

Sebarkan artikel ini

PADANG – Dampak lebih besar bencana banjir lahar dingin Marapi masih mungkin terjadi. Hal itu diungkap Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.

Ia mengimbau masyarakat dan petugas tim gabungan penanganan bencana untuk meningkatkan kewaspadaan. Hal itu disampaikan Dwikorita di Padang Pariaman, Sumatera Barat, Selasa (14/5).

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Penyebab kemungkinan itu, katanya, dipicu masih tingginya potensi turun hujan dengan intensitas sedang, lebat, hingga sangat lebat selama sepekan ke depan.

“Hujan sedang pun juga bisa menyapu material lahar Gunung Marapi yang juga dikhawatirkan masih tebal, sisa erupsi beberapa waktu lalu,” kata dia.

Hujan yang bercampur partikel pasir halus menjadikan aliran pekat yang sanggup menggelontorkan bebatuan dengan diameter 2-3 meter dari bagian puncak gunung ke bawah. Material besar yang terbawa oleh hujan tersebut akan menjangkau pula pemukiman penduduk di sekitar lereng perbukitan dan aliran sungai.

Masih kata Dwikorita, material berukuran besar tersebut dapat saja dibawa arus air ke perkampungan warga.

Sementara itu, menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), ada sebanyak 28 jalur aliran lahar Gunung Marapi yang berhulu ke sungai pada sisi Utara, Selatan dan Timur gunung Marapi. Wilayah terdampak di arah itu adalah Kabupaten Agam, Padang Panjang dan Tanah Datar. (ist)

I Love Wallpaper Store