Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Pemilu 2024

Caleg Terpilih Boleh Maju Pilkada Tanpa Harus Mundur

177
×

Caleg Terpilih Boleh Maju Pilkada Tanpa Harus Mundur

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Tahapan Pilkada Serentak 2024 sudah dimulai. Partai Politik pun mulai melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan, calon anggota legislatif (caleg) terpilih dalam Pemilu 2024 tidak perlu mengundurkan diri apabila mengikuti Pilkada.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

“Tidak wajib mundur dari jabatan. Kan belum dilantik dan menjabat, mundur dari jabatan apa?” kata Hasyim dalam keterangannya di Jakarta, beberapa hari lalu.

Hasyim menjelaskan, caleg terpilih yang wajib mundur dari jabatannya adalah anggota DPR/DPD/DPRD untuk jajaran provinsi/kabupaten/kota Pemilu 2019 dan kembali terpilih dalam Pemilu 2024.

“Maka yang bersangkutan mundur dari jabatan yang sekarang diduduki,” jelasnya.

Dalam pertimbangan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 12/PUU-XXII/2024, penting untuk KPU mensyaratkan calon anggota DPR, anggota DPD, dan anggota DPRD terpilih yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah untuk membuat surat pernyataan bersedia mengundurkan diri, jika telah dilantik secara resmi menjadi anggota DPR, anggota DPD, dan anggota DPRD apabila tetap mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

Peluang tersebut, tentunya menjadi kabar gembira bagi para caleg terpilih untuk ikut ambil bagian dalam pencalonan kepala daerah tahun ini. (*)

I Love Wallpaper Store