Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Pemilu 2024

KPU Optimis Bapaslon Perseorangan Penuhi Syarat Dukungan dengan Waktu Terbatas

188
×

KPU Optimis Bapaslon Perseorangan Penuhi Syarat Dukungan dengan Waktu Terbatas

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik. Foto: kpu.go.id

JAKARTA – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik optimistis bakal pasangan calon perseorangan (Bapaslon) akan segera memenuhi persyaratan dukungan dalam Pilkada Serentak 2024 di tengah waktu yang terbatas.

“Bagi mereka yang sungguh-sungguh akan menjadi bapaslon perseorangan di Pilkada akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk bisa memenuhi persyaratan yang diatur dalam UU Pilkada,” kata Idham melalui keterangan resmi, Sabtu (11/5/2024).

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Berdasarkan data dari KPU per Jumat (10/5), sudah ada dua bapaslon wali kota dan wakil wali kota Gorontalo perseorangan yang menyerahkan dukungannya.

Menurut Idham, salah satu faktor penyebab minimnya bapaslon  menyerahkan persyaratan dukungan adalah jeda waktu yang singkat, antara hari pemungutan dan proses rekapitulasi secara berjenjang Pemilu 2024 dengan jadwal penyerahan dukungan bakal pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dari jalur perseorangan.

“Ya, itu salah satu faktor yang diduga tentunya ada banyak faktor lainnya,” ujarnya.

Adapun batas penyerahan dukungan bakal pasangan calon perseorangan ke KPU menyisakan waktu satu hari lagi atau Minggu (12/5/2024).

Idham mengatakan, pihaknya sudah maksimal melakukan sosialisasi dan diseminasi regulasi teknis penyerahan dukungan bakal pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah perseorangan.

Ia mengungkapkan pada Pilkada Serentak 2024, sekitar 122 bakal pasangan calon perseorangan yang terdiri dari 2 bakal pasangan calon untuk pemilihan gubernur, 100 bakal pasangan calon untuk pemilihan bupati dan 20 bakal pasangan calon untuk pemilihan wali kota yang belum menyerahkan dukungannya.

Meski begitu, sambungnya, mereka sedang melakukan proses unggah (uploading) data dukungan ke aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Sebab, para bakal pasangan calon tersebut telah menerima akun Silon.

Diketahui, pada Pilkada Serentak 2020, ada 59 bakal pasangan calon perseorangan untuk pilkada bupati dan wakil bupati. Lalu, 9 bakal pasangan calon untuk pilkada wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada 2020, sedangkan di 2020 tersebut tidak ada bakal pasangan calon perseorangan untuk pemilihan gubernur. (infopublik)

I Love Wallpaper Store