Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Daerah

Ketua RAPI Sumbar Apresiasi Tim RAPI Padang Panjang

615
×

Ketua RAPI Sumbar Apresiasi Tim RAPI Padang Panjang

Sebarkan artikel ini
Tim RAPI Padang Panjang bertemu Ketua RAPI Sumbar sesaat setelah operasi pencarian orang hilang, Kamis (9/5) malam. (Foto: Dok. Hj. Sita Tusti)

PADANG PANJANG – Berbincang bersama Ketua RAPI 03 Sumatera Barat pasca operasi pencarian orang hilang di Nagari Andaleh, Kecamatan Batipuh, anggota RAPI Wilayah Padang Panjang dapatkan pencerahan keorganisasian.

Bertempat di Mochi Cafe, Kamis (9/5) malam, sejumlah anggota RAPI yang baru saja kembali dari operasi lapangan tersebut, sumringah dalam diskusi singkat bersama orang nomor satu di RAPI Sumbar tersebut.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Pada kesempatan itu, Ketua RAPIDA Sumbar Hj. Sita Tusti menyampaikan apresiasinya kepada RAPI Wilayah 06 Padang Panjang yang ikut turun dalam operasi pencarian orang hilang sejak pagi hingga sore.

“Bundo mengapresiasi RAPI Padang Panjang yang cepat tanggap pada setiap kondisi 10.33 (red: keadaan emergency). Semoga ke depan dapat dipertahankan dan menjadi semangat bersama untuk kita di RAPI se-Sumatera Barat,” sebut pemegang callsign JZ03IP itu.

Menurut tokoh RAPI yang akrab disapa Bundo itu, untuk kehadiran RAPI dalam setiap keadaan emergency, tentunya akan berdampak positif bagi masyarakat. “Selain itu, RAPI sendiri akan makin dekat di hati masyarakat,” sebutnya.

Sekaitan dengan pembicaraan pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) RAPI Sumbar beberapa waktu lalu, Bundo juga menyebutkan, penataan keorganisasi di tiap jenjang perlu dikuatkan.

“Dalam Organisasi RAPI ada TIM Reaksi Cepat (TRC), ada Rapi Raider (RR), ada Bantuan Komunikasi (Bankom) dan Jaringan Komunikasi (Jarkom). Semuanya kalau bisa tentu berjalan dengan baik di lapangan,” sebutnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua II RAPI Padang Panjang Deni Syaputra menyampaikan kesiapannya untuk turut serta mengembangkan potensi RAPI dengan bidang-bidang tim lapangan yang disebutkan Hj. Sita Tusti.

“Kami RAPI Padang Panjang, bersama pengurus dan seluruh anggota, siap mengembangkan organisasi ini. Dan untuk itu, kami berharap dukungan penuh dari RAPI Sumbar,” sebut pemegang callsign JZ03FK itu yang didampingi Radi Alfurqani, Dedi, Sonny Chandra, dan Nova Indra.

P3SDM Melati Tawarkan Kerjasama Edukasi Elemen Warga

Pada kesempatan itu, Nova Indra yang merupakan orang baru di RAPI, menawarkan kerjasama kepada RAPI Sumbar untuk turun mengedukasi elemen-elemen tertentu di masyarakat terkait pentingnya komunikasi radio kebencanaan.

“Saya memiliki program edukasi elemen warga. Melihat kondisi kebencanaan yang cukup tinggi di Sumbar, kami dari Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati yang berpusat di Kota Malang Jawa Timur, mengajak kawan-kawan RAPI Sumbar untuk turut serta dalam giat tersebut,” ucap CEO P3SDM Melati yang juga penulis sekaligus peneliti itu.

Menurut pemegang callsign JZ03AQP itu, kehadiran RAPI mengedukasi warga, seperti elemen pendidikan, selain sebagai bagian dari pengabdian organisasi, juga dalam rangka melebarkan program untuk mencetak calon anggota, simpatisan mapun anggota baru RAPI.

“Sebagai lembaga nasional, P3SDM Melati punya unit kerja yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan edukasi warga, dan ini rasanya sinkron dengan RAPI untuk dikerjasamakan. Bila RAPI Sumbar tergerak untuk ini, kita akan matangkan perencanaannya,” sebut peneliti dengan ID Orcid 0000-0003-0397-3513 itu.

Menanggapi penawaran kerjasama tersebut, Hj. Sita Tusti pun menyambut baik. Ia mengatakan, edukasi warga memang perlu dilakukan dalam hal kesiapsiagaan bencana. Termasuk bagaimana kesiapan warga dan elemen tertentu dalam penggunaan radio komunikasi dua arah. (ni)

I Love Wallpaper Store