Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Gaya Hidup

Tips Hindari Heatstroke Akibat Cuaca Panas

142
×

Tips Hindari Heatstroke Akibat Cuaca Panas

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Cuaca panas melanda sejumlah wilayah di Indonesia akhir-akhir ini.

Selain membuat tak nyaman, cuaca panas yang ekstrem juga dapat mengancam kesehatan. Salah satu risikonya ialah terkena dehidrasi hingga heatstroke.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Melansir laman Mayo Clinic, Senin (6/5/2024), heatstroke adalah kondisi di mana tubuh Anda kepanasan, biasanya akibat paparan atau aktivitas fisik dalam suhu tinggi dengan waktu lama.

Heatstroke yang tidak diobati dengan cepat bisa merusak otak, jantung, ginjal, dan otot. Kerusakan akan semakin parah jika pengobatan ditunda lebih lama, sehingga meningkatkan risiko komplikasi serius atau bahkan kematian.

Tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah heatstroke di cuaca panas, berikut tipsnya, melansir laman Hopkins Medicine.

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Tips pertama ialah memperhatikan asupan cairan Anda. Minumlah banyak cairan saat beraktivitas di luar ruangan, terutama di cuaca panas. Air putih dan minuman olahraga menjadi minuman pilihan.

Hindari teh, kopi, soda, dan alkohol berkafein karena dapat menyebabkan dehidrasi.

  1. Gunakan Pakaian yang Ringan

Mengenakan pakaian yang ringan sangat dianjurkan saat cuaca panas. Selain membuat kulit terasa nyaman, pakaian yang ringan juga bisa mencegah Anda terkena serangan heatstroke di cuaca panas.

Beberapa jenis pakaian ringan yang bisa Anda gunakan ialah tenunan rapat, kaus longgar, dan pakaian dengan warna terang.

  1. Kurangi Aktivitas di Tengah Hari

Puncak cuaca panas biasanya terjadi di tengah hari sekitar pukul 12.00-14.00. Untuk itu, usahakan hindari melakukan aktivitas berat di luar ruangan di jam-jam tersebut.

Coba untuk mengatur aktivitas berat dan olahraga pada waktu yang lebih sejuk dalam sehari agar Anda terhindar dari serangan heatstroke saat cuaca panas.

  1. Gunakan Topi hingga Payung

Menggunakan aksesori seperti topi saat siang hari juga sangat dianjurkan. Topi atau payung bisa membuat kepala Anda terlindungi dari paparan sinar matahari secara langsung dan cuaca panas.

Selain membuat lebih nyaman, topi maupun payung juga bisa melindungi kesehatan tubuh agar tercegah dari heatstroke.

  1. Sempatkan Beristirahat

Satu lagi cara untuk mencegah terkena heatstroke saat udara panas, yakni banyak istirahat. Tak disadari, cuaca yang begitu panas bisa membuat Anda lebih mudah lelah saat beraktivitas.

Selama beraktivitas di luar ruangan, sering-seringlah beristirahat untuk minum dan bersandar. Anda juga bisa menyemprotkan air atau face mist agar tubuh tidak kepanasan. (source: sindo)

I Love Wallpaper Store