Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Daerah

Penyaluran ZIS oleh IKPL Diapresiasi Sejumlah Pihak

288
×

Penyaluran ZIS oleh IKPL Diapresiasi Sejumlah Pihak

Sebarkan artikel ini

TANAH DATAR – Penyaluran perdana zakat, infaq dan shadaqah via Lazis Ikatan Keluarga Padang Luar (IKPL), Ahad (7/4) lalu, berjalan lancar dan sukses.

Penyerahan ZIS oleh IKPL yang dipusatkan di SMPN 4 Rambatan itu, dipimpin oleh Drs. Mukhyar DN sebagai Ketua Panitia Pelaksana dan LD. Dt. Paduko Bada selaku Sekretaris. Keduanya juga didampingi tim lainnya.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Kepada media ini, Muhkyar menjelaskan, kronologi kegiatan berawal pertemuan daring Pengurus DPP IKPL pada pekan kedua Ramadhan. Keputusan rapat daring itu, DPP IKPL akan meluncurkan program Lazis dan dalam Ramadhan ini.

Dengan tenggat waktu selama dua pekan dari pertemuan itu, semua dipersiapkan dan dimatangkan.

Kegiatan pendataan penerima ZIS pun dilakukan dengan menetapkan kriteria, pertama (tipe A), adalah penerima (mustahik) dari kalangan fakir miskin yang memiliki tanggungn anak sekolah dan atau mengasuh anak yatim.

Dan mustahik tipe ini, disyaratkan yang belum pernah dapat bantuan pemerintah, baik PKH (Program Keluarga Harapan), BLT (Bantuan Langsung Tunai), maupun PBNT (Program Bantuan Non Tunai) dalam bentuk beras.

Kedua (tipe B). Terdiri dari para lansia, cacat fisik, gangguan jiwa, dan ada tanggungan anak sekolah/anak yatim, sekalipun pernah dapat bantuan selain PKH, tapi tidak mencukupi.

Data riil di lapangan, didapatkan total 209 KK, dan total ZIS yang terkumpul selama sepuluh hari, sebanyak Rp.80.800.000.

Pada acara penyaluran, seperti dijelaskan Drs. Mukhyar, hadir sejumlah tokoh masyarakat Padang Luar, seperti Ketua KAN, Ketua BPRN, dan ninik mamak setempat.

Selain ittu juga tampak kehadiran Wali Nagari III Koto, yang diwakili stafnya, Kepala KUA Kec. Rambatan, Ibu Camat Rambatan, beserta Wakil Bupati Tanah Datar.

“Semua pihak memberikan apresiasi atas berlangsungnya kegiatan tersebut. Karena pelaksanaan kegiatan ini bersifat dadakan, semua penyaluran ZIS diserahkan dalam bentuk konsumtif,” demikian disebutkan Mukhyar.

Tokoh masyarakat yang juga salah seorang pimpinan dari Luhak Institute itu menyebutkan, saat ini tidak kurang 1000 toko/unit bisnis para perantau Padang Luar yang berpotensi menjadi muzakki.

“Bila semuanya bersinergi, banyak hal yang dapat dilakukan melalui ZIS,” pungkasnya. (ni)

I Love Wallpaper Store