Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Nasional

Pemerintah Antisipasi Pergerakan 193,6 Juta Pemudik 2024

64
×

Pemerintah Antisipasi Pergerakan 193,6 Juta Pemudik 2024

Sebarkan artikel ini
Juru bicara Kemenhub Adita Irawati

JAKARTA – Berbagai persiapan dilakukan Pemerintah untuk menunjang kelancaran arus mudik yang diprediksi akan dimulai pada 5 April 2024, diantaranya menyelenggarakan survey terkait arus mudik Lebaran 2024.

Jumlah pemudik tahun ini diperkirakan mencapai 193,6 juta orang, jumlah ini 13,7 persen dari tahun lalu, yaitu 123,8 juta pemudik. Jumlah pemudik 2024 mencapai 71,7 persen dari total jumlah penduduk Indonesia, dan dari survey diketahui bahwa angkutan darat masih mendominasi pergerakan pemudik pada Lebaran 2024 nanti.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Adapun moda transportasi Keretaapi merupakan moda angkutan darat terfavorit pemudik pada Lebaran kali ini (39,32 juta orang), disusul moda bus (37,51 juta orang), dan kendaraan pribadi (35,42 juta orang), serta sepeda motor (31,12 juta orang) yang merupakan angkutan jalan.

Staf Khusus Menteri Perhubungan dan Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, setiap tahun di kala ada puncak mobilitas, pihaknya selalu melakukan riset. Riset ini dilakukan jelang Lebaran dan Nataru dengan bekerjasama dengan stakeholders lainnya.

“Riset ini menjadi referensi kami dalam menangani pergerakan selama Angkutan Lebaran,” ucapnya dalam dialog Forum Merdeka Barat (FMB 9) bertema 193,6 Juta Orang Mudik, Bagaimana Antisipasi Pemerintah? yang disiarkan secara online pada Senin (25/3/2024).

Merujuk hasil survey tersebut, lanjut Adita, maka hal pertama yang dilakukan adalah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait yang diikuti dengan mengidentifikasi masalah berdasarkan evaluasi tahun lalu.

Langkah selanjutnya adalah dengan menggelar sosialisasi dan edukasi sejak jauh hari yang dilanjutkan dengan persiapan kelaik operasian sarana dan prasarana Angkutan Lebaran.

I Love Wallpaper Store