Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Pemilu 2024

KPU Daerah Bisa Tetapkan Hasil Pemilu Bila Tak Ada Sengketa

61
×

KPU Daerah Bisa Tetapkan Hasil Pemilu Bila Tak Ada Sengketa

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Jajaran KPU Daerah bisa tetapkan hasil pemilu 2024 bila tidak ada sengketa.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari terkait penetapan  hasil Pemilu 2024, dengan catatan tidak ada sengketa yang diajukan peserta ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

“Nanti bagi daerah-daerah, apakah itu provinsi, kabupaten kota yang tidak ada perkara yang diregister sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi, bisa kemudian segera melanjutkan tahapan berikutnya, yaitu penetapan perolehan kursi,” kata Hasyim saat dikutip dari Antara, Kamis (21/3).

Hasyim menjelaskan perolehan kursi yang dapat ditetapkan adalah terkait pemilihan legislatif DPRD tingkat provinsi, kabupaten, dan kota. Ia mengingatkan, penetapan tak boleh dilakukan jika terdapat sengketa.

“Sekiranya ada perkara-perkara yang diregister dan harus diperiksa melalui persidangan-persidangan di Mahkamah Konstitusi, maka tahapan itu belum bisa dilaksanakan,” ungkap dia.

Ia mengatakan, jajaran KPU di daerah harus menunggu konfirmasi positif bahwa hasil pemilu itu mendapatkan pengakuan. Sehingga perolehan suara dapat menjadi dasar untuk melakukan konversi pada tahap berikutnya menjadi perolehan kursi dan calon terpilih.

Sebelumnya, KPU RI menetapkan hasil Pemilu 2024 yang tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

“Hasil Pemilihan Umum secara nasional sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu sampai dengan Diktum Kelima ditetapkan pada hari Rabu tanggal 20 bulan Maret tahun 2024 pukul 22.19 menit WIB,” kata Hasyim Asy’ari di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (20/3). (source: medcom)

I Love Wallpaper Store