Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Daerah

Siaga Darurat Karhutla, Kapolda Peringatkan Semua Pihak

37
×

Siaga Darurat Karhutla, Kapolda Peringatkan Semua Pihak

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau (Foto: Dok. BPBD Riau)

PEKANBARU – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sudah terjadi beberapa hari terakhir di Riau. Pemerintah setempat telah menetapkan Status Siaga Darurat.

Menyikapi hal itu, Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal memperingatkan para pihak perusahaan supaya membantu aparat dan pemerintahan mencegah karhutla.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

“Pihak perusahaan juga harus patroli rutin di wilayahnya masing-masing. Kalau sampai ada kebakaran lahan, kami tidak pandang bulu, langsung kami sikat,” kata Irjen Iqbal dilansir dari laman Antara, Sabtu (16/3).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah menetapkan Status Siaga Darurat Karhutla, sejak Rabu (13/3) hingga (30/11).

“Status Siaga Darurat Karhutla berdasarkan Surat Keputusan Gubernur, diteken langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto,” kata dia.

Irjen Iqbal menerangkan, telah menginstruksikan personel Polda Riau untuk secara rutin patroli di lahan berpotensi terjadinya kebakaran.

“Saya tidak ingin ada titik api yang menyebar di Riau, apalagi sampai menimbulkan dampak kabut asap,” ujar dia.

“Jangan kasih kendor bagi pelaku pelaku pembakaran lahan, baik perorangan, maupun perusahaan. Saya ingatkan kepada anggota, jangan sampai ada kebakaran lahan, maksimalkan patroli di seluruh penjuru,” sambungnya.

Pj Gubernur Riau SF Hariyanto mengatakan, memberikan laporan antisipasi karhutla dalam Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Karhutla 2024.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rakorsus Karhutla 2024 telah digelar di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Kamis (14/3).

“Permohonan bantuan helikopter dan pesawat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dari berbagai pihak sudah kami lakukan. Untuk penanganan karhutla di Riau tahun 2024,” kata Hariyanto.

Itu, kata Hariyanto, terdiri dari satu unit helikopter patroli dan enam unit water bombing. “Kemarin juga ada dari KLHK satu unit, sudah sampai di Lanud Roesmin Nurjadin,” kata Hariyanto. (rri)

I Love Wallpaper Store