Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Gaya Hidup

Pertolongan Luka Psikologis untuk Caleg Gagal Pemilu Disiapkan Kemenkes

121
×

Pertolongan Luka Psikologis untuk Caleg Gagal Pemilu Disiapkan Kemenkes

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi by istockphoto.

WARTA-1 – Hari ini, Rabu (14/2), Pemilihan Umum (Pemilu) digelar serentak di seluruh wilayah tanah air. Seluruh rakyat Indonesia merayakan pesta demokrasi, termasu calon legislatif yang berharap bisa terpilih.

Tak bisa dipungkiri, tidak semuanya bisa menang dan terpilih. Untuk caleg atau bahkan calon presiden dan wakil presiden yang kalah, berbagai masalah kesehatan bisa mengintai, termasuk gangguan kejiwaan.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Mengantisipasi masalah itu, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) menyebut, telah menyiapkan layanan gangguan kejiwaan.

“Kemenkes sudah menyiapkan beberapa Rumah Sakit Jiwa dan Rumah Sakit Umum yang punya layanan kesehatan jiwa seandainya ada yang harus dirawat karena masalah kejiwaan pascaPemilu,” kata dokter dan Direktur Pelayanan Kesehatan Primer, Kemenkes, Obrin Parulian dalam Kemencast, seperti dikutip dari cnnindonesia, Senin (12/2).

“Ketika seseorang mau mencalonkan diri, baik anggota KPPS dan calon legislatif (caleg) itu harus melalui pemeriksaan kesehatan dan screening kejiwaan. dari sisi deteksi harusnya sudah terdeteksi.”

Senada dengan Obrin, Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kemenkes RI, Nida Rohmawati juga menyebut, seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas sudah dipersiapkan untuk menangani masalah ini.

Sebagai langkah awal penanganan gangguan kejiwaan, puskesmas akan melakukan skrining awal atau langkah pertolongan pertama yang disebut Pertolongan Pertama Pada Luka Psikologis (P3LP).

“Ada layanan konsultasinya juga. Kemudian jika diperlukan akan dirujuk ke Rumah Sakit rujukan. Jadi pascapemilihan bagi mereka yang tidak bisa menerima dengan lapang dada, itu sudah disiapkan di puskesmas. Tapi tentu saja kita tidak berharap ini terjadi ya,” katanya. (cnn/Ed. NI)

I Love Wallpaper Store