Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Peristiwa

Gunung Lewotobi Laki-laki Naik Status Menjadi Awas, Bandara Ditutup

200
×

Gunung Lewotobi Laki-laki Naik Status Menjadi Awas, Bandara Ditutup

Sebarkan artikel ini
Gunung Lewotobi Laki-laki (Sreenshot MAGMA Indonesia)

WARTA-1 – Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur NTT, mengalami peningkatan status, kini menjadi level IV atau awas.

Akibatnya, Bandara Gewayantana ditutup hari ini. “Status penutupan Bandara Gewayantana Rabu 10 Januari 2024 dari pukul 08.00-16.00 Wita,” ujar Kepala Kantor UPBU Kelas III Gewayantana, Puguh Lukito dilansir detikBali, Rabu (10/1).

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Puguh mengajukan penutupan bandara sejak Rabu pagi hingga sore. Ia menjelaskan, penutupan Bandara Gewayantana mengakibatkan sejumlah maskapai tidak bisa terbang.

Sebelumnya diberitakan Gunung Lewotobi Laki-laki mengalami peningkatan aktivitas dari level III atau siaga menjadi level IV atau awas pada Selasa malam (9/1).

Masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 4 kilometer dari pusat erupsi gunung api itu dan juga tidak boleh berkegiatan dalam radius sektoral 5 kilometer pada arah barat laut-utara.

Gunung Lewotobi adalah kompleks gunung berapi dengan dua puncak yang hampir sama tinggi, yang terletak di bagian tenggara Pulau Flores. Puncak tertinggi Gunung Lewotobi dengan ketinggian 1.737 mdpl, disebut Lewotobi Perempuan. Sementara puncak yang lebih rendah tetapi lebih aktif disebut Lewotobi Laki-Laki. 

Gunung Lewotobi, menurut data dari Magma ESDM, adalah gunung berjenis stratovolcano. Gunung api strato atau stratovolcano, adalah gunung api yang tersusun atas perselingan endapan piroklastika dan aliran lava. (IST)

I Love Wallpaper Store