Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Dunia

Pasca Gempa Bumi dan Tsunami Jepang, Ada WNI yang Mengungsi

264
×

Pasca Gempa Bumi dan Tsunami Jepang, Ada WNI yang Mengungsi

Sebarkan artikel ini
Kehancuran akibat gempa bumi di Ishikawa, Jepang, Selasa, 2 Januari 2024. (STR / JIJI PRESS / AFP)

WARTA-1 – Gempa bumi magnitudo 7,6 yang mengguncang Jepang sempat membuat panik dengan adanya ancaman tsunami.

KBRI Tokyo dan KJRI Osaka saat ini sudah berhasil menjalin komunikasi dengan simpul masyarakat Indonesia di wilayah terdampak, seperti Noto Peninsula, Ishikawa dan Niigata. Dari keterangan WNI, dampak yang terjadi bervariasi tergantung pada lokasi.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

“Terdapat WNI yang mengungsi baik ke lokasi yang disiapkan otoritas setempat mau pun ke tempat tinggal sanak keluarga di wilayah yang aman,” kata pernyataan Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, Selasa (2/1).

Judha mengungkapkan, ada sekitar 50 WNI wisatawan yang tertahan di St. Gala Yuzawa, Niigata karena Shinkansen sempat berhenti beroperasi.

“Namun saat ini dilaporkan, para wisatawan sudah dapat melanjutkan perjalanan dan Shinkansen telah beroperasi kembali,” lanjutnya.

Berdasarkan informasi dari komunitas WNI, hingga saat ini belum terdapat informasi mengenai adanya WNI yang terluka atau meninggal akibat gempa bumi di Jepang.

“Hingga saat ini otoritas setempat belum menyampaikan data resmi warga menjadi korban,” imbuh Judha.

Sementara itu, KBRI Tokyo dan KJRI Osaka akan terus berkoordinasi dengan otoritas setempat dan masyarakat WNI untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.

Gempa di Jepang dirasakan hingga ke Korea Selatan. Tercatat ada 30 orang tewas dalam gempa tersebut.

Kemarin, setelah gempa terjadi, KBRI Tokyo dan KJRI Osaka telah mengaktifkan nomor hotline untuk situasi darurat sebagai berikut: KBRI Tokyo:+818035068612 dan KJRI Osaka: +818031131003. (medcom)

I Love Wallpaper Store