Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Politik

Pilkada  Tanah Datar, di Tengah Hebohnya Pileg-Pilpres

2182
×

Pilkada  Tanah Datar, di Tengah Hebohnya Pileg-Pilpres

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi pilkada serentak pada tanggal 27 November 2024. ANTARA/Ilustrator/Kliwon

WARTA-1 – Tahun politik telah bergulir. Helat akbar di negeri ini, akan menggelar Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Umum Anggota Legislatif (Pileg), dan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada).

Di paruh kedua bulan Pebruari 2024, Pilpres dan Pilkada akan dihelat secara bersamaan. Sementara Pilkada, akan dilangsungkan di bulan Nopember 2024 nanti.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Di tengah persiapan Pilpres dan Pileg 2024, gaung Pilkada pun tak kalah menarik untuk didiskusikan. Termasuk di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

Sejumlah tokoh dari elemen berbeda, Rabu (20/12), dalam sebuah diskusi bertajuk Membangun Tanah Datar Berkemajuan, ikut urung rembug terkait suksesi Pilkada Tanah Datar 2024 mendatang.

“Ya, sepanjang Pileg dan Pilpres yang sedang kita hadapi di bulan Pebruari nanti, tak ssalah kiranya kita juga berbagi pikiran untuk berdiskusi terkait Pilkada 2024 di Tanah Datar nanti. Sebagai bagian dari anak nagari Luhak nan Tuo, tentunya kita wajib memberikan sumbangsih, termasuk ide dan pemikiran,” demikian sebut salah seorang tokoh Tanah Datar, Rabu (20/12) di Jakarta.

Menurutnya, Tanah Datar memiliki potensi yang luar biasa. “Tinggal bagaimana menyiapkan program yang baik, dan berpihak kepada rakyat. Dan ini adalah salah satu bentuk kepedulian seorang pemimpin yang harus dipersiapkan dengan matang,” imbuh tokoh yang tidak ingin namanya dituliskan itu.

Sementara peserta diskusi lainnya menyebutkan, saat ini, di berbagai tempat di Luhak nan Tuo, pembicaraan terkait Pilkada Tanah Datar 2024, cukup menghangat.

“Namun memang tidak menyebar ke tengah masyarakat bawah. Baru di level tertentu,” ungkapnya.

Secara terpisah, Nova Indra, pimpinan lembaga Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati yang berbasis di Kota Malang Jawa Timur, mengatakan, urusan Pilkada Tanah Datar memang tidak dapat dilupakan begitu saja.

“Tanah Datar adalah negeri yang memiliki seabrek potensi yang dapat dikembangkan bila dipimpin oleh tokoh yang tentunya mampu menjadi muara dari seluruh aspek pembangunan. Ini adalah poin penting dari pemikiran untuk melihat siapa yang pantas untuk menjadi pemimpin berdasarkan pilihan warga Tanah Datar,” ujar pria yang sedang menggarap program literasi di Tanah Datar itu.

Diskusi politik yang digagas beberapa orang tokoh itu, direncanakan akan berlangsung secara berkesinambungan.

“Diskusi-diskusi ini akan kita lakukan secara terbuka nanti. Untuk tahap awal, hanya ada beberapa orang saja yang ikut serta. Nantinya, kita akan lakukan diskusi melalui media streaming,” ujar tokoh lainnya. (*/ist)

I Love Wallpaper Store