Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Gaya Hidup

Ingin Mood Kerja Terjaga, Kebiasaan Sepulang Kantor Sangat Penting

173
×

Ingin Mood Kerja Terjaga, Kebiasaan Sepulang Kantor Sangat Penting

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Tidur/https://www.shutterstock.com/New Africa

WARTA-1 – Jika kamu merasa ingin lebih produktif saat bekerja, kamu mungkin bisa mengubah rutinitas sepulang beraktivitas sesuai profesimu.

Hal itu diungkapkan oleh James Clear, pakar pengambilan keputusan dan penulis buku terlaris New York Times berjudul “Atomic Habits.” James Clear telah mempelajari pembentukan kebiasaan dan personal improvement selama lebih dari satu dekade. Ia mengatakan, kebiasaan sepulang bekerja dari jam 5-9 dapat berdampak signifikan pada kinerja pada jam kerja 9-5.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

“Kita semua punya kebiasaan dan perilaku yang mempengaruhi perasaan kita dan apakah kita tampil secara konsisten,” kata James Clear dalam serial video MasterClass at Work, yang diluncurkan minggu lalu.

“Semuanya terkoneksi,” tambahnya.

“Maksud saya, jika kamu tidak bisa tidur nyenyak di rumah, akan sulit untuk bekerja dengan baik. Jika perhatianmu teralihkan di rumah dan berkurang, atau waktumu terbagi, kamu tidak mempunyai kapasitas yang cukup ketika sedang bekerja.”

Menurut Clear, kebiasaan di rumah dapat dioptimalkan dengan beberapa perubahan gaya hidup sederhana. Inilah rekomendasi yang dia berikan:

Tentukan Batasan Ruang di Rumah

Membalas email ketika sudah di tempat tidur bukanlah ide yang bagus. Mengaitkan waktu tidur dan bekerja di kamar, membuat “otak kamu lebih sulit menguraikan (tindakan) apa yang harus dilakukan” ketika sudah berada di atas kasur, kata Clear.

Solusinya, dedikasikan ruangan atau “zona” tertentu untuk tujuan yang spesifik “Misalnya, kamu mencoba kebiasaan baru, yaitu membaca.” kata Clear. “Tetapi, setiap kali kamu duduk di sofa, perhatianmu jadi teralihkan dan menyalakan TV.”

Sebagai gantinya, cobalah ciptakan “zona membaca” dengan menyiapkan kursi atau ruang yang nyaman, menarik, dan menjauhi TV.

“Kamu dapat menerapkan pada filosofi yang sama, untuk kebiasaan apapun yang ingin kamu buat,” kata Clear.

“Semakin besar suatu kebiasaan dikaitkan dengan konteks tertentu, semakin besar juga kebiasaan tersebut terikat pada zona khusus ketika kamu melakukannya, semakin besar kemungkinan kebiasaan yang dibangun akan bertahan.”

Dalam konteks tempat kerja, hal ini bisa terlihat seperti menerima panggilan pribadi di meja kerja, membatasi gangguan, atau mematikan telepon kantor di penghujung hari.

Batasi Waktu Pemakaian Gadget

Jika kamu menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel, begitu juga dengan 31% orang dewasa di Amerika Serikat, atau lebih dari 80 juta orang. Menurut survei tahun 2021 dari Pew Research Center, “hampir 31% orang dewasa terus menerus online,”

I Love Wallpaper Store