Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Perspektif

‘Preman Pondok’, Etalase Pengabdian Menjaga Kelangsungan Generasi Islami

235
×

‘Preman Pondok’, Etalase Pengabdian Menjaga Kelangsungan Generasi Islami

Sebarkan artikel ini
Foto: freepik

WARTA-1 – Istilah Preman Pondok menjadi menarik dibahas ketika bersua para ustadz yang mengajar di salah satu pesantren yang berlokasi di Tanah Datar.

Menarik? Jelas saja. Karena istilah tersebut sangat menggelitik untuk dibicarakan tentang makna tersembunyi di baliknya. Bukan mengada-ada, tetapi istilah tersebut sangat tepat untuk dijadikan diksi baru bagi kelangsungan dan kebersamaan di lembaga pendidikan tersebut.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Istilah ‘preman’ yang selama ini identik dengan makna negatif, tak berlaku di pesantren itu. Diksi ‘preman’ yang bagi sebagian masyarakat dianggap sebagai ungkapan terhadap perilaku kasar dan tak kenal sopan-santun, menjadi terbalik maknanya dalam diskusi dengan para istadz itu.

“Kalau selama ini, ada satpam (satuan pengaman) di lembaga pendidikan, kini apa salahnya kita istilahkan dengan preman pondok,” sebut salah seorang ustadz dalam diskusi itu.

Menurutnya, istilah preman pondok bukan mengacu pada sekelompok orang yang beringas dan bertampang sangar.

“Ini preman yang beda dengan pemahaman orang kebanyakan. Preman Pondok adalah mereka yang siap menjaga muruah lembaga pendidikan dari berbagai sisi,” paparnya.

Preman Pondok, ternyata bagi para penjaga kelangsungan pendidikan keagamaan itu, adalah upaya mengedepankan kelihaian untuk terus menjaga keseimbangan penyelenggaraan pesantren, baik dari sisi sebagai lambang kekuatan, juga menjadi lambang bahwa sosok tawadhu’ yang tunduk pada perintah Ilahi, mampu menjadi body guard keamanan dan kenyamanan dunia pesantren.

Sementara itu, dilihat dari keberadaannya, preman pondok adalah orang yang siapa melakukan apapun demi kebaikan pondok pesantren yang menjadi tempatnya bernaung. Bahkan, preman pondok siap menjadi etalase bagi ‘isi’ dari pesantren tersebut.

“Preman Pondok akan jadi bagian terdepan dalam segala hal. Keberadaannya adalah cerminan dari apa yang ada di tempatnya bernaung. Bukan hanya sebagai bagian dari kongkow-kongkow sekelompok orang saja, namun muncul sebagai garda yang siap mewakili semua kelebihan yang ada di pesantren,” celetuk ustadz lainnya.

Benar saja, dari istilah itu, dideskripsikan bagaimana sosok yang kuat mengemban amanah mendidik, sekaligus tangguh dalam menjalani perjuangan membangun generasi yang siap untuk hidup di belantara zaman denga segala pernak-perniknya.

“Kita-kita ini, adalah figur ketangguhan bagi perjuangan mencetak generasi Islam dengan segala kelebihannya. Kita adalah premannya pondok pesantren yang siap terjun ke dunia pengabdian dalam keadaan apa saja,” tegas ustadz lainnya dengan semangat berapi-api.

Preman pondok, kini hadir sebagai penjaga gerbang keutuhan langkah-langkah pembentukan generasi. Preman pondok, tumbuh dan mengabdi sebagai sosok yang berjalan dan berlari dalam naungan kebenaran, kebaikan, dan segala bentuk kekuatan masa depan. (*)

I Love Wallpaper Store

Respon (1)

Komentar ditutup.