Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Daerah

Dinas Ketahanan Pangan Sosialisasikan Program B2SA

101
×

Dinas Ketahanan Pangan Sosialisasikan Program B2SA

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 –  Dinas Ketahanan Pangan Pasaman Barat, Kamis (30/11) kemarin , sosialisasikan program Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA)  di Masjid Babussalam Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo.

“Ketersediaan pangan yang cukup, belum tentu dapat menjamin terhindarnya masyarakat dari masalah pangan dan gizi,” kata Ketua TP-PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Pasaman Barat, Ny. Titi Hamsuardi di Simpang Empat, yang turut hadir pada kesempatan itu.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Menurutnya, hal itu dapat dilihat dari aspek pola konsumsi pangan rumah tangga. Salah satunya melalui makanan yang dikonsumsi dengan memenuhi prinsip beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) yang menjadi harapan bersama, khususnya di Pasaman Barat.

Untuk itu, selaku Ketua TP-PKK Pasaman Barat, dirinya bersama pihak terkait, menyampaikan kepada seluruh kelompok Dasawisma dan masyarakat pada umumnya, mari ikut mendukung 10 Program Pokok PKK salah satunya adalah program pangan.

“Karena pangan merupakan kebutuhan dasar hak asasi manusia yang harus dipenuhi,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, konsumsi pangan merupakan tanggung jawab ibu rumah tangga sebagai garda terdepan dalam pemenuhan kebutuhan gizi yang seimbang.

“Mari kita konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman menuju Generasi Emas 2045. Agar hidup kita sehat aktif dan produktif,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Eka Diana Oktavia mengatakan, pemenuhan pangan yang berkualitas dan sesuai dengan kecukupan gizi merupakan komponen dasar untuk mewujudkan SDM yang berkualitas.

“Pada kesempatan ini Badan Pangan Nasional melalui Direktorat Penganekaragaman Konsumsi Pangan berkolaborasi bersama Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pasaman Barat dan TP-PKK Nagari Koto Baru, untuk melaksanakan kegiatan Pengembangan Desa B2SA salah satunya melalui Rumah Pangan B2SA dengan sosialisasi dan edukasi serta pemberian makanan menu B2SA,” ungkapnya.

Ia berharap, kegiatan dapat terintegrasi dengan baik agar program tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat dan menekan angka stunting di Kabupaten Pasbar khususnya di Nagari Koto Baru.

Senada dengan itu, Pj Wali Nagari Koto Baru Samsul Bahri, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pasbar yang telah memberikan kepercayaan kepada TP-PKK Nagari Koto Baru sebagai pelaksana kegiatan Desa B2SA tahun 2023.

“Kami merasa sangat berterima kasih sekali karena dari 90 Nagari yang ada di Kabupaten Pasbar, kami dipercaya dalam pelaksanaan kegiatan ini,” ucapnya.

Di samping itu, ia juga berharap kegiatan ini dapat mendorong masyarakat untuk menerapkan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman di Nagari Koto Baru sehingga masyarakat dapat hidup sehat aktif dan produktif. (gmz)

I Love Wallpaper Store