Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Pemilu 2024

Pemilu Kian Dekat, Pemilih Muda Minim Informasi Soal Parpol

395
×

Pemilu Kian Dekat, Pemilih Muda Minim Informasi Soal Parpol

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan mayoritas pemilih muda minim informasi soal partai politik. Baik itu soal visi, misi, apalagi ideologi partai.

“Generasi muda ini mempertanyakan apa yang secara drastis membedakan karakter sebuah partai dengan partai yang lain,” kata Hasyim dalam wawancara khusus bersama media Medcom.id, pekan lalu.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Hasyim mengatakan minimnya informasi itu membuat para pemilih muda bingung memilih calon pemimpinnya. Baik itu calon anggota legislatif (caleg) maupun calon presiden dan wakil presiden. 

“Ada keterbatasan informasi tentang aliran ideologi partai politik, termasuk visi-misi dan program kerja partai,” ujarnya.

Ia menjelaskan 50 persen pemilih dalam Pemilu 2024 adalah anak muda. Sekitar 80 persen di antaranya menyatakan akan hadir dan berpartisipasi dalam Pemilu 2024. Namun, mereka tak tahu partai dan kandidat pemimpin yang bakal dipilih.

Menurut Hasyim, partai politik harus segera memberikan informasi lengkap kepada pemilih muda. Sosialisasi tentang bakal caleg tingkat pusat dan daerah harus segera dilakukan.

Keterbukaan dan edukasi partai politik dibutuhkan agar pemilih muda bisa menyeleksi calon pemimpin yang bakal dipilih.

“Supaya calon pemilih punya keyakinan untuk menentukan pilihanya. Di situlah para calon, partai politik peserta pemilu memiliki kesempatan untuk meyakinkan para pemilih untuk memilih dirinya yaitu pada masa kampanye,” tutur Hasyim. (medcom/Fachri Audhia Hafiez)

I Love Wallpaper Store