Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Bisnis

Transformasi Digital Nasional, Kominfo: Masyarakat Harus Dapat Akses Ruang Digital dengan Aman

163
×

Transformasi Digital Nasional, Kominfo: Masyarakat Harus Dapat Akses Ruang Digital dengan Aman

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan seluruh masyarakat dapat mengakses infrastruktur dan ruang digital secara merata, aman, dengan meningkatkan keterampilan dan kompetensi dalam program percepatan Transformasi Digital Nasional.

“Jadi (transformasi digital) tidak saja dalam konteks parsial di perkotaan dan perdesaan, atau 3T dan non-3T, tetapi memastikan bahwa seluruh lapisan masyarakat termasuk kelompok rentan seperti anak-anak dan perempuan dapat mengakses infrastruktur dan ruang digital secara merata dan aman,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen), Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba, dalam acara Focus Group Discussion Strategi Hilirisasi Ekonomi Digital di Jakarta, pada Rabu (5/7).

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Sekjen Mira mengatakan, perkembangan dan pemanfaatan teknologi digital membuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia berpotensi menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Guna mengoptimalkan potensi itu, Kementerian Kominfo berupaya mengarahkan akselerasi transformasi digital nasional yang inklusif, memberdayakan dan berkelanjutan, agar masyarakat mampu memanfaatkan teknologi digital secara produktif.

“Penggunanya harus diberdayakan, bukan diperdayakan. Adapun transformasi digital yang berkelanjutan artinya masyarakat mampu merasakan manfaat teknologi digital secara continue dan dapat mendukung pemenuhan agenda SDGs 2030,” jelas Mira Tayyiba.

Menurut Sekjen Kementerian Kominfo, transformasi digital yang inklusif, memberdayakan dan berkelanjutan tersebut dilaksanakan pada area utama, infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital dan masyarakat digital.

“Keempat area tersebut, diyakini sebagai sektor strategis yang berkesinambungan sekaligus mempengaruhi satu sama lain sehingga dalam pelaksanaannya tidak hanya dapat mendorong digitalisasi maupun hilirisasi manfaat kemajuan digital kepada seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Staf Ahli Menkominfo Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya, Raden Wijaya Kusumawardhana, menambahkan Kementerian Kominfo berperan penting dalam mempercepat transformasi digital di Indonesia.

Peranan itu bisa terwujud jika Kementerian Kominfo memiliki regulasi, strategi dan langkah yang jelas agar cetak biru (blue print) transformasi digital bisa benar-benar dikolaborasikan dengan baik.

“Harapannya nanti dengan pertemuan ini kita sudah memiliki beberapa pemikiran, sudah memiliki beberapa usulan rekomendasi, yang nanti bisa kita ajukan untuk mempercepat langkah-langkah dan peran Kominfo dalam pembangunan ekonomi ke depan setidaknya dalam lima tahun mendatang ini, terutama dalam penyusunan RPJM 2024/2029,” tandas Raden Wijaya. (infopublik/Foto: Biro Humas Kominfo)

I Love Wallpaper Store