Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Pemilu 2024

Jelang Pemilu, Aplikasi WhatsApp Ikut Atasi Informasi Hoaks

199
×

Jelang Pemilu, Aplikasi WhatsApp Ikut Atasi Informasi Hoaks

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Whatsapp(Shutterstock/Antonio Salaverry)

WARTA-1 – Salah satu aplikasi pesan instan milik Meta yaitu Whatsapp, kini ikut dalam mengatasi penyebaran masalah tersebut. Tak terkecuali jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Dari sisi produk sudah ada berbagai batasan untuk membatasi viralitas informasi di Whatsapp. Selain itu sudah ada kerja sama dengan LSM lokal dan platform-platform lainnya,” kata Manajer Kebijakan Publik Whatsapp, Esther Samboh, mengutip antaranews.com.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Sebenarnya, langkah seperti ini telah Whatsapp lakukan sejak Pemilu 2019 lalu. Hal itu agar hoaks dan misinformasi tidak menyebar dan memicu perselisihan antara masyarakat.

Secara teknis, masyarakat yang menemukan foto, teks, video, dan audio yang berpotensi berisi hoaks juga dapat melaporkan ke nomor pengaduan aplikasi Whatsapp.

Kemudian, Whatsapp juga memastikan, laporan tersebut mendapat perlindungan enkripsi end-to-end sehingga pesan tidak terlihat, bahkan oleh Whatsapp.

Tak hanya itu, Whatsapp juga membatasi jumlah forward (meneruskan pesan), maksimal hanya lima kali untuk satu pesan. Pesan akan berlabel “forwarded” jika diteruskan lebih dari lima kali agar penerima pesan tahu bahwa pesan itu bukan disusun oleh pengirim.

Di Pemilu 2024 ini, Whatsapp akan menghadirkan inovasi yang akan dikenalkan jelang pesta demokrasi rakyat.

“Komitmen kami selalu untuk menjaga integritas pemilu di negara mana pun di dunia. Bagi Whatsapp tentunya juga penting untuk menjaga integritas pemilu di Indonesia,” kata Esther mengakhiri. (source: liputan6)

I Love Wallpaper Store