Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Pemilu 2024

Verifikasi Administrasi Selesai, KPU Temukan Bakal Caleg Ganda dan Berkas Tak Lengkap

428
×

Verifikasi Administrasi Selesai, KPU Temukan Bakal Caleg Ganda dan Berkas Tak Lengkap

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengungkapkan pihaknya menemukan data ganda bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2024 selama proses verifikasi administrasi. Pihaknya meminta partai politik untuk memperbaiki kegandaan tersebut.

Menurut Hasyim, data ganda bacaleg itu terdapat pada pencalonan di tingkat perwakilan yang berbeda maupun didaftarkan oleh dua partai politik. Proses verifikasi pun telah dilakukan mulai 15 Mei lalu setelah seluruh partai politik peserta Pemilu 2024 mendaftarkan bacalegnya.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

“Kegandaan beda tingkatan perwakilan atau juga yang satu tingkatan lembaga perwakilan, satu nama muncul di lebih dari satu partai,” katanya saat ditemui di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (22/6).

Kendati demikian, Hasyim masih enggan mengungkap jumlah bacaleg yang terdaftar ganda. Ia juga tidak menjelaskan lebih lanjut partai politik apa saja mendaftarkan satu nama bacaleg yang sama.

Di samping itu, KPU juga masih menemukan ijazah, surat keterangan sehat, serta surat keterangan dari pengadilan dari para bacaleg yang belum memenuhi syarat.

“Kami komunikasikan dan kami sampaikan kepada partai politik untuk dilakukan perbaikan pada masa perbaikan,” ungkapnya.

Verifikasi administrasi bacaleg sendiri selesai pada Jumat, 23 Juni 2023. Adapun masa perbaikan dokumen persyaratan bakal dimulai pada Senin, 26 Juni sampai 9 Juli 2023. KPU baru akan menetapkan daftar calon tetap pada 24 September 2023 sampai 3 November 2023. (medcom)

I Love Wallpaper Store