Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Politik

Caleg Ingin Terpilih? Lakukan Saja Kerjasama dengan Pihak Ketiga Agar Terukur

259
×

Caleg Ingin Terpilih? Lakukan Saja Kerjasama dengan Pihak Ketiga Agar Terukur

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Melalui sistem proporsional daftar terbuka, meraih suara pemilih sebanyak-banyaknya, menjadi target utama para calon anggota legislatif (caleg) dari tiap daerah pemilihan untuk Pileg 2024 nanti.

Waktu yang masih tersisa tidak panjang lagi, hanya 7 bulan efektif mulai dari sekarang hingga hari pencoblosan di pertengahan Pebruari 2024. Menjelang hari itu tiba, seluruh caleg dari Parpol peserta pemilu, akan terus berupaya menjadi yang terbaik, menjadi pemilik suara terbanyak, untuk seterusnya duduk di lembaga legislatif; DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota/Kabupaten.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Dalam proses yang sebenarnya sudah sangat sempit dari sisi waktu itu, masyarakat umum dapat melihat dengan mata telanjang, begitu sumringahnya para caleg mengedepankan diri agar disukai dan dipilih oleh konstituennya. “Di jalanan, gambar-gambar para caleg selalu menampilkan senyum terbaiknya,” begitu kata sebagian masyarakat.

Untuk meraih suara sebanyak-banyaknya itu, berbagai upaya dilakukan oleh para caleg dari parpol peserta Pemilu 2024. Mulai dari pembuatan baliho dengan ukuran-ukuran raksasa, pemasangan spanduk dengan jargon-jargon tertentu penarik simpati warga, hingga membuat segala bentuk pernak-pernik yang bisa dibagikan pada masyarakat, tentunya dengan foto dan segala bentuk jargon.

Lalu apa yang selanjutnya terjadi? Perang baliho seakan jadi pemandangan sehari-hari, pohon-pohon di pinggir jalan ditempeli foto-foto para caleg, rumah-rumah warga dipasangi pamflet dan leaflet kampanye. Namun adakah masyarakat mengenal siapa mereka?

Dalam Diskusi Politik Pemilu 2024 yang digelar Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati melalui unit kerja P3SDM Melati Research Center, Jumat (23/6) pagi, mengemuka pembahasan mengenai kualitas apa yang sedang dikedepankan para caleg menuju Pemilu 2024?

Bicara kualitas para caleg, sudah dipastikan mereka adalah orang-orang yang memiliki beragam kelebihan. Namun karena wadah dan saluran informasi seolah dipinggirkan dan tidak dipedulikan, maka warga masyarakat pun tidak mengenal mereka dari segi pemikiran.

Berbagi informasi tentang pemikiran itu, saat ini bisa dilakukan para caleg dengan banyak saluran. Salah satunya melalui kerjasama-kerjasama dengan media pemberitaan yang aktif menyorot persoalan-persoalan Pemilu 2024. Melalui kerjasama tersebut, mereka dapat mengemukakan dirinya dari segi pemikiran, bukan cuma jual tampang semata.

“Ini adalah saatnya para caleg memanfaatkan media informasi, menggunakan jasa konsultan, memakai jasa pendampingan program pemenangan. Ini cara-cara yang akan membuat mereka secara elegan dapat dikenali masyarakat pemilih. Bukan hanya dengan perang baliho,” sebut narasumber diskusi politik sekaligus CEO P3SDM Melati, Nova Indra.

Karenanya, secara gamblang dalam diskusi itu Nova menyebutkan, mengajak semua caleg bekerjasama dengan pihak media untuk pemberitaan dan informasi kegiatan. “Selain itu juga bisa melakukan kerjasama dengan lembaga resmi seperti lembaga kami dalam hal pendampingan program dan pemenangan,” pungkasnya. (*)

I Love Wallpaper Store