Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Nasional

Polri Ingatkan Masyarakat Bijak Gunakan Media Sosial Jelang Pemilu 2024

266
×

Polri Ingatkan Masyarakat Bijak Gunakan Media Sosial Jelang Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sebentar lagi akan dimulai. Polri langsung mewanti-wanti masyarakat untuk bijak menggunakan media sosial.

“Jadi kami mengimbau kepada masyarakat terutama menjelang Pemilu untuk berhati-hati,” kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid di Kantor Bareskrim Polri, saat dikutip Selasa (2/5).

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Polri menyebut hoaks terkait Pemilu 2024 mulai bertebaran di media sosial. Salah satunya yakni kabar adanya kebocoran data hasil pesta demokrasi tersebut di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Adi menjelaskan kabar tersebut hoaks. Masyarakat diharap tidak terpengaruh, apalagi sampai tersulut emosi. “Cerdas dalam menggunakan media sosial, pastikan medsos dimanfaatkan ke hal-hal yang positif,” ujar Adi.

Imbauan ini dimaksudkan untuk semua kalangan. Sebab, kata Adi, orang berpendidikan tinggi pun bisa tersulut emosi jika terpancing dalam komentar di media sosial.

Dia mencontohkan komentar ancaman pembunuhan kepada kelompok Muhammadiyah yang dilontarkan peneliti Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang Hasanuddin. Sekelas peneliti sekalipun bisa berurusan dengan hukum jika salah menuliskan di ruang maya tersebut.

“Ya mungkin kita semua enggak nyangka, seseorang yang memiliki keilmuan dan terpilih menjadi salah satu peneliti, kata-katanya itu seperti orang yang tidak berpendidikan menghalalkan darah sampai mengancam, nah ini lah seorang BRIN saja bisa terjebak,” ucap Adi.

Karenanya, Polri meminta masyarakat mulai bijak memilah informasi jelang Pemilu 2024. Sebab, komentar maupun unggahan tidak akan bisa dihapus jika sudah dimasukkan ke media sosial.

“Salah satu yang tidak bisa dihilangkan adalah jejak digital ya, sekali kita berbuat tidak akan hilang, jadi hati-hati, bijak bermedia sosial,” tutur Adi. (medcom/Foto: getty images)

I Love Wallpaper Store