Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Pemilu 2024

Jawab Kekhawatiran Bacaleg di Daerah, KPU Tegaskan Proposional Terbuka Berlaku

191
×

Jawab Kekhawatiran Bacaleg di Daerah, KPU Tegaskan Proposional Terbuka Berlaku

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Memasuki tahapan pendaftaran caleg dimulai pada 1-14 Mei 2023, sejumlah politisi di daerah masih khawatir dengan sistem pemilu tertuttup atau terbuka.

Sementara itu, jawaban Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan, sistem proposional terbuka masih berlaku di tengah tahapan pendaftaran calon legislatif (caleg).  

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Mahkamah Konstitusi (MK) masih mengkaji atau judicial review (JR) dengan perkara nomor 114/PUU-XX/2022 terkait sistem proporsional terbuka atau tertutup untuk Pemilu 2024. Meski belum ada putusan dari MK, KPU secara tegas masih mengikuti aturan sesuai UU Pemilu.

“KPU dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu harus tunduk dan patuh terhadap UU Pemilu yang norma-normanya masih efektif berlaku,” tegas Komisioner KPU RI Idham Holik kepada Media Indonesia, Senin (1/5) lalu.

Idham mengemukakan, pihaknya akan menunggu putusan MK. Selama Pasal 168 Ayat 2 UU Nomor 7 Tahun 2017 belum dinyatakan bertentangan dengan konstitusi, KPU akan menggunakan sistem proporsional terbuka.
Jika nantinya MK memutuskan sistem pemilu tertutup, KPU akan melaksanakan keputusan dari MK. “Kami KPU pelaksana UU Pemilu, jadi norma-norma yang efektif berlaku, itulah yang akan kami laksanakan,” ujarnya. (medcom/Foto: Kautsar) 

I Love Wallpaper Store