Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Daerah

HRD: “Program Pemerintah Daerah Harus Sejalan Kebutuhan Umat”

538
×

HRD: “Program Pemerintah Daerah Harus Sejalan Kebutuhan Umat”

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – “Membangun ekonomi daerah tentunya butuh kepiawaian. Bukan sekadar program ecek-ecek yang digadang-gadang mampu mengangkat tingkat perekonomian warga.”

Demikian disampaikan H. Ryan Diovella (HRD) dalam diskusi politik ‘Menuju Pilkada 2024’ bersama pimpinan lembaga Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati, Senin (13/3) siang.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Menurut tokoh masyarakat yang sejak mudanya berkecimpung di bidang bisnis otomotif di Ibukota itu, kondisi pasca pandemi Covid-19 adalah masa-masa sulit bagi semua orang. “Tapi tentunya pemerintah daerah punya program yang harusnya rigid agar pertumbuhan ekonomi kerakyatan dapat berkembang dengan baik. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh pemerintah daerah Tanah Datar bila ingin melakukannya,” demikian papar HRD.

Terkait dengan peluang-peluang ekonomi kerakyatan yang disebutnya itu, HRD mengatakan, Tanah Datar adalah daerah yang tidak banyak memiliki ragam sumber daya. Ada sumber daya pertanian, wisata, dan beberapa bidang lain yang dapat digarap sedemikian rupa.

“Yang jelas, bila program pemerintah daerahnya bisa diukur dengan kadar yang masuk akal alias logis, masyarakat akan menerima. Kuncinya itu, kalau program selarasa kepentingan masyarakat, pasti dapat berjalan. Untuk lebih rinci tentu tidak bisa saya sebutkan di diskusi ini. Nantilah pada waktunya, mungkin di tahun depan kita akan bersua dengan situasi yang tepat,” ujarnya.

Di samping itu, sambung HRD, kesehatan politik di pemerintahan turut pula menjadi kunci keberlangsungan pembangunan daerah.

“Perlu keharmonisan kepemimpinan daerah. Itu salah satu kunci penting pembangunan. Kalau keharmonisan tidak ada di tingkat teratas, apa kira-kira yang dapat diharapkan oleh masyarakat?” tegasnya.

“Saya, walaupun tidak selalu berada di kampung halaman, tetap memonitor apapun yang berkaitan dengan Luhak nan Tuo. Termasuk persiapan Pemilu Legislatif awal tahun 2024 mendatang. Saya tetap memperhatikan para petualang politik yang kini banyak memanfaatkan situasi di posisi-posisi tertentu untuk menuju perebutan kursi legsilatif,” imbuhnya.

Ditanya mengenai Pilkada yang akan digelar pada 2024 nanti, HRD menjawab dengan kalimat, “saya sedang diskusikan dengan mereka yang sejalan dengan niat saya. Kita tidak terburu-buru memutuskan sesuatu. Banyak hal besar yang harus dipikirkan ke depan bersama tokoh-tokoh yang kini hampir setiap hari membuka ruang diskusi tentang Tanah Datar yang lebih baik.”

Jadi, lanjutnya, bukan suksesi kepemimpinan Tanah Datar saja yang sedang dibicarakannya dengan banyak tokoh daerah, tapi juga persoalan menghadapi Pileg di Pebruari 2024 nanti.

“Kita ingin anggota legislatif yang terpilih adalah perwajahan dari keinginan umat dan masyarakat Luhak nan Tuo,” tegasnya. (*)

I Love Wallpaper Store