Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Pemilu 2024

Ketua KPU Hasyim Asy’ari Tegaskan Tahapan Pemilu 2024 Jalan Terus

160
×

Ketua KPU Hasyim Asy’ari Tegaskan Tahapan Pemilu 2024 Jalan Terus

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 –  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari menegaskan tahapan Pemilu 2024 tetap berjalan.

Pernyataan ini disampaikan merespons putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat yang memerintahkan KPU menyetop tahapan pemilu yang sudah berjalan dan menundanya hingga 2025.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

“Perlu kami tegaskan bahwa KPU tetap akan menjalankan tahapan-tahapan pelaksanaan atau penyelenggaraan Pemilu 2024,” kata Hasyim melalui konferensi pers daring dari Bali, Kamis malam lalu.

Menurut Hasyim, tahapan Pemilu 2024 telah tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilu 2024. Regulasi itu dijadikan dasar bagi KPU sebagai dasar tetap melanjutkan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Hasyim mengaku KPU belum menerima salinan putusan PN Jakarta Pusat secara resmi. Namun, berdasarkan salinan putusan elektronik yang beredar, KPU sudah menyelenggarakan rapat internal dan memutuskan akan mengajukan upaya hukum banding.

“Kami menyatakan kalau sudah terima salinan putusan, kami akan mengajukan upaya hukum berikutnya, yaitu banding ke pengadilan tinggi,” tegas dia.

PN Jakpus mengabulkan gugatan Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) terhadap KPU. Amar putusan itu memerintahkan KPU menunda tahapan Pemilu 2024.

“Menghukum tergugat (KPU) untuk tidak melaksanakan sisa tahapan Pemilihan Umum 2024 sejak putusan ini diucapkan dan melaksanakan tahapan Pemilihan Umum dari awal selama lebih kurang 2 tahun 4 bulan 7 hari,” tulis salinan putusan tersebut. 

Putusan itu juga menyebutkan bahwa Prima selaku penggugat adalah partai politik yang dirugikan dalam verifikasi administrasi oleh KPU. Penyelenggara pemilu itu juga dinyatakan telah melakukan perbuatan hukum. (medcom/Foto: Fachri Audhia Hafiez)

I Love Wallpaper Store