Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Bisnis

Indonesia-Singapura Perkuat Program Tech Talents

139
×

Indonesia-Singapura Perkuat Program Tech Talents

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Pemerintah terus berkomitmen mengembangkan ekonomi digital melalui berbagai upaya.

Komitmen tersebut tercermin dalam Keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun 2023 yang salah satunya mengangkat pembentukan ASEAN Digital Economy Framework.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Pengembangan ekonomi digital nasional tersebut juga didukung dengan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, membangun infrastruktur pendukung teknologi seperti data center, dan memperbanyak program-program e-government.

Memaksimalkan upaya ini, Pemerintah menjalin kerja sama dengan berbagai negara, salah satunya dengan Singapura. Indonesia dan Singapura sepakat memperkuat kerja sama di bidang ekonomi digital, khususnya pengembangan sumber daya manusia, melalui Program Tech Talents.

Hal tersebut menjadi bahasan dalam pertemuan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dengan Senior Minister and Coordinating Minister for National Security Republic of Singapore Teo Chee Hean di kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (28/2).

Pengembangan kualitas sumber daya manusia karena merupakan faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan kompetitif suatu negara. Program Tech Talents yang sedang dibahas kedua negara dapat dikembangkan untuk saling menguntungkan bagi talenta teknologi muda serta industri dan ekosistem kedua negara.

Selanjutnya dalam pertemuan bilateral tersebut Menko Airlangga juga menyampaikan keberhasilan Pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tahun 2022 sebesar 5,3 persen (ctc) yang merupakan capaian tertinggi dalam 10 tahun terakhir, serta berhasil menjaga tingkat inflasi di angka 5,5 persen. Faktor-faktor yang menopang keberhasilan tersebut yakni investasi, belanja pemerintah, ekspor, dan konsumsi domestik.

Dalam pertemuan tersebut kedua Menteri juga saling berdiskusi tentang pengembangan industri manufaktur di Indonesia, terutama di sektor otomotif, dimana Indonesia memiliki kapasitas produksi yang besar dan telah melakukan ekspor otomotif dengan kandungan lokal yang tinggi. Pada sektor otomotif ini, Indonesia juga membuka peluang untuk pengembangan electric vehicle (EV).

Menutup diskusinya, Menko Airlangga menyampaikan Indonesia terbuka dengan masuknya investasi asing untuk pengembangan green technology, terutama untuk mencapai target net zero emission Indonesia pada tahun 2060 dan membuka seluas-luasnya lapangan pekerjaan di dalam negeri. (sumber: liputan6)

I Love Wallpaper Store