Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Daerah

KPU Jepara Temukan Kecurangan Bakal Calon Anggota DPD

205
×

KPU Jepara Temukan Kecurangan Bakal Calon Anggota DPD

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menemukan pencatutan nama warga untuk syarat dukungan bakal calon (Balon) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Kecurangan ini diketahui lantaran warga tak mengakui memberikan dukungan kepada Balon anggota DPD saat dilakukan verifikasi faktual.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Komisioner KPU Jepara, Muhammadun, mengatakan KPU sedang melakukan verifikasi faktual hingga akhir pekan ini. Hasil sementara ditemukan sejumlah data pendukung Balon anggota DPD berpotensi tidak memenuhi syarat.

“Belum kami rekap semua, tapi sudah ada warga yang saat diverifikasi faktual tidak mengakui sebagai pendukung. Ini kan berpotensi tidak memenuhi syarat, nanti bisa dilakukan perbaikan administrasi lalu ada verifikasi faktual ke 2,” ujar Muhammadun, Kamis, lalu.

Data yang berpotensi tidak memenuhi syarat lainnya, yaitu warga yang didaftarkan sebagai pendukung Balon anggota DPD tidak dapat ditemui di rumahnya. Berkaitan dengan permasalahan ini, KPU Kabupaten Jepara berkomunikasi dengan petugas penghubung Balon anggota DPD.

“Petugas penghubung bisa membuktikan melalui sambungan video call atau dihadirkan ke kantor (KPU),” kata Muhammadun.

Ada 11 nama Balon anggota DPD yang lolos tahap verifikasi administrasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak sembilan nama bakal calon DPD memiliki sampel dukungan di Kabupaten Jepara. Balon anggota DPD harus memenuhi jumlah dukungan minimal di daerah pemilihan yang bersangkutan. Di daerah pemilihan Provinsi Jawa Tengah, karena jumlah penduduk yang termuat dalam daftar pemilih tetap lebih dari 15 juta orang, maka seorang bakal calon anggota DPD harus mendapatkan dukungan paling sedikit 5 ribu pemilih. (medcom/Foto: Rhobi Shani) 

I Love Wallpaper Store