Gulir ke bawah
Blibli.com
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Pemilu 2024

Rakor Pengawasan Jumlah Kursi dan Dapil Digelar Bawaslu Padangpanjang

154
×

Rakor Pengawasan Jumlah Kursi dan Dapil Digelar Bawaslu Padangpanjang

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Maksimalkan pengawasan Pemilu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Padang Panjang melaksanakan Rapat Koordinasi Pengawasan Penetapan Jumlah Kursi dan Penetapan Daerah Pemilihan (Dapil).

Kegiatan ini di Aula Hotel Pangeran, Rabu (7/2) kemarin, dibuka Ketua Bawaslu Padang Panjang Santina, S.P, diikuti 16 perwakilan partai politik, TNI, Polri, dan narasumber dari KPU.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Santina menyampaikan kegiatan rakor ini dilaksanakan untuk memaksimalkan pengawasan pada saat pemilu nantinya.

Dijelaskannya, fokus pengawasan Bawaslu terkait isu krusial apakah memenuhi prinsip, dalam penataan dapil dan alokasi kursi yang harus memenuhi prinsip sebagaimana ketentuan Undang Undang No 7 /2017 yakni kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, integralitas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesi, kesinambungan.

“Selain itu, terkait dengan data yang digunakan untuk penataan dapil dan alokasi kursi jajaran pengawas pemilu perlu memastikan basis data yang digunakan adalah data termutakhir.Kesesuaian antara alokasi kursi yang ditetapkan dengan jumlah DAK di daerah pemilihan tersebut,” lanjutnya.

Selain itu, tambahnya, perlu ada peta wilayah. “Pengawas pemilu perlu memastikan peta wilayah yang digunakan adalah peta termutakhir,” ujarnya.

Ditambahkannya, terakhir terkait prosedur. “Pengawas pemilu memastikan ketaatan prosedur. Seperti penataan dapil dilakukan melalui rapat pleno, mengumumkan rancangan usulan penataan dapil dan alokasi kursi, melakukan uji publik. Menindaklanjuti tanggapan dan masukan masyarakat terhadap usulan penataan dapil dan alokasi kursi,”jelasnya. (infopublik)

I Love Wallpaper Store