Gulir ke bawah
Daerah

Muktamar XVIII di Balikpapan, Pemuda Muhammadiyah Sumbar Siap Dukung Zaedi Basiturozzak

151
×

Muktamar XVIII di Balikpapan, Pemuda Muhammadiyah Sumbar Siap Dukung Zaedi Basiturozzak

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah akan melaksanakan Muktamar ke XVIII pada tanggal 21-24 Februari 2023 di Balikpapan Kalimantan Timur.

Kegiatan ini merupakan kegiatan strategis yang akan menjadi momentum koordinasi dan dan konsolidasi Pemuda Muhammadiyah se-Indonesia, dalam pertemuan akan dibahas isu-isu strategis kebangsaan baik skala nasional maupun internasional.

Gulir ke Bawah
Selamat Membaca

Di samping itu, dalam kegiatan ini juga akan disampaikan laporan kerja dan perkembangan organisasi Pemuda Muhammadiyah di tingkat Kabupaten, Kota, Provinsi dan Nasional. Dan, puncak dari kegiatan ini adalah regenerasi kepemimpinan Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah yang ditandai dengan adanya Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal periode 2022-2026.

Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Sumatera Barat bersama Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) se-Sumatera Barat sebagai salah satu kontingen yang akan hadir dengan peserta sebanyak 42 orang, yang terdiri dari 4 orang utusan PWPM dan 38 orang dari PDPM, menyatakan kesiapan untuk hadir dan menyukseskan Muktamar ke XVIII.

“Kita semua berharap semoga Muktamar ini dapat menjadi momentum kristalisasi nilai-nilai pemuda negarawan yang sudah dicetuskan pada Tanwir II di Jambi beberapa waktu yang lalu,” ujar Deri Rizal, Ketua PWPM Sumatera Barat dalam rilis media yanh diterima Kamis (9/2).

“Sehingga akan melahirkan pimpinan-pimpinan Pemuda Muhammadiyah yang menebar harmoni dan memajukan Indonesia sebagaima tema Muktamar XVIII Pemuda Negarawan Harmoni Memajukan Indonesia,” sambung Deri.

Berbagai persiapan telah dilaksanakan dalam mensukseskan perhelatan empat tahunan ini, antara lain, melaksanakan Rapat Pimpinan Wilayah II, Rapat Pimpinan Khusus dengan tujuan untuk menyerap masukan dan poin-poin penting terkait arah gerak Pemuda Muhammadiyah satu periode ke depan. Di samping itu pertemuan-pertemuan yang dilakukan juga dalam rangka menentukan figur yang akan didorong untuk menjadi Nahkoda Pemuda Muhammadiyah.

“Dari beberapa nama-nama kader yang bermunculan, pemuda muhammadiyah Sumatera Barat bersepakat mendorong kader terbaik Pemuda Muhammadiyah Zaedi Basiturozzak,” ujar Deri.

Ia mengungkapkan, keputusan ini merupakan kesepakatan bersama, dengan beberapa tahapan penetapan dan diputuskanlah dalam Rapat Pimpinan Khusus PWPM Sumatera Barat bersama PDPM se-Sumatera Barat pada tanggal 15 Januari 2023 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Padang.

“Hingga kini, sudah ada enam belas PDPM yang menyatakan dukungannya, yaitu Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Sijunjung, Kota Sawahlunto, dan Kabupaten Dharmasraya,” ujar Ahmad Lahmi Sekretaris PWPM Sumatera Barat dalam rilis tersebut.

“nsya Allah menjelang keberangkatan seluruh PDPM se-Sumatera Barat akan satu komando dengan PWPM,” tutup Lahmi. Di akhir rilis, Deri menambahkan, semoga Muktamar ini menjadi Muktamar yang menguatkan martabat, meneneguhkan posisi, memantapkan peran pemuda sebagai insan berkemajuan, mencerahkan dan menebar rahmat bagi semesta alam, selamat ber—Muktamar Pemuda Muhammadiyah yang ke XVIII. (SP)