Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Dunia

UPDATE TERBARU: Sehari Pasca Gempa Turki, Korban Tewas Hampir 5000 Orang

203
×

UPDATE TERBARU: Sehari Pasca Gempa Turki, Korban Tewas Hampir 5000 Orang

Sebarkan artikel ini
(Photo by OMAR HAJ KADOUR / AFP)

WARTA-1 – Jumlah korban tewas gempa bumi magnitudo 7,8 di Turki telah bertambah dari 2.921 menjadi 2.379, menurut laporan Badan Manajemen Darurat dan Bencana (AFAD), Selasa, 7 Febuari 2023.

Di waktu bersamaan di Suriah, jumlah korban tewas dari guncangan gempa dengan kekuatan yang sama masih berada di 1.444.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Mengutip dari laman Guardian, angka gabungan korban tewas gempa Turki dan Suriah saat ini menyentuh 4.365 jiwa.

Terlampauinya angka 4.000 terjadi hanya sekitar 24 jam sejak gempa bumi dahsyat pertama kali mengguncang Turki dan Suriah pada Senin dini hari waktu setempat.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi bahwa angka kematian akibat gempa bumi di Turki dan Suriah dapat melonjak hingga delapan kali lipat. Ucapan ini disampaikan WHO di saat jumlah korban jiwa masih di kisaran 2.600-an.

“Ada potensi keruntuhan (bangunan) lebih lanjut, dan angka kematian biasanya meningkat delapan kali lipat dari data awal,” ucap pejabat darurat WHO untuk Eropa, Catherine Smallwood.

Gempa berkekuatan besar itu meruntuhkan seluruh blok apartemen di kota-kota Turki dan menumpuk lebih banyak kehancuran pada jutaan warga Suriah yang terlantar akibat perang bertahun-tahun.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa gempa kali ini merupakan yang terbesar di Turki sejak tahun 1939. Gempa yang dimaksud Erdogan adalah gempa bumi Erzincan, yang diyakini telah menewaskan sekitar 33.000 orang. Gempa lain di Turki pada 1999 telah menewaskan lebih dari 17.000 orang. Erdogan mengatakan bahwa sejauh ini sudah ada 45 negara yang telah menawarkan bantuan kepada Turki, di antaranya Amerika Serikat, Kanada, Prancis dan lain-lain. (medcom/Foto: Omar Haj Kadour / AFP)

I Love Wallpaper Store