Gulir ke bawah
Blibli.com
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Bisnis

Harga Bawang Merah di Jepara Melambung Tinggi, Bagaimana di Tempat Anda?

159
×

Harga Bawang Merah di Jepara Melambung Tinggi, Bagaimana di Tempat Anda?

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Harga jual bawang merah di Pasar Welahan Jepara Jawa Tengah mengalami lonjakan tajam. Yang dulunya dibanderol Rp 20 ribu, kini tembus di angka Rp 35 ribu perkilonya. Hal tersebut, disebabkan keterbatasan stok.

Salah satu penjual di Pasar Welahan, Puryanto memaparkan, bawang merah di Desember 2022 hanya berkisar 20 ribu perkilo. Sedang ini, mencapai 35 ribu perkilonya. “Bulan kemarin harga masih aman di angka Rp 20 ribu perkilogramnya yang diperjualkan. Tapi berangsur naik, hingga Rp 35 ribu,” papar Puryanto dilansir Joglo Jateng, Jumat (27/1).

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Penjual sekaligus petani bawang merah asal Desa Ujung Pasir ini menjelaskan, kenaikan harga bawang ditengarai stok yang menipis. Ditambah, dengan pasokan dari luar daerah. Dirinya mengaku mendapatkan stok dari Demak, selain dekat Jepara jadi pasar penjualan bawang dari Demak.

Selain itu, ia juga menyebut, musim hujan yang terlalu dini berdampak pada majunya tanggal penjualan bawang merah. Alasannya, air dari Wadung Kedung Ombo datang lebih cepat.

“Meski banyak jamur, tapi cepat diatasi. Ditambah, pasokan air tercukupi dengan baik. Makanya panen lebih dini, sekarang sudah mau habis, sehingga stok dari luar Jepara, akibatnya harga melambung tinggi,” terang dia.

Sementara itu, di tahun kemarin, hasil panen bawang mengalami beragam aral yang melintang. Seperti hujan deras dan pengobatan menghabiskan biaya perawatan. “Kemarin sampai telat, karena air tak kunjung datang. Giliran air muncul malah hujan lebat dan akhirnya tanaman membutuhkan perawatan lebih,” ujarnya.

Di tengah posisi demikian, pihaknya berikan tips memilih bawang yang baik. Pertama, cari yang mengkilap. Kedua, yang merah menyala. Menurutnya, bawang seperti itu didapat dari Demak dan Brebes.

“Memang agak sulit cari bawang yang berkualitas. Minimal ya mengkilap dan warna merah menyala. Butuh kesabaran memang dalam memilih, daripada sembarangan jadinya buruk,” pungkasnya. (joglojateng/foto: Muhammad Agung Prayoga) 

I Love Wallpaper Store