Gulir ke bawah
Nasional

Urus Data Pemilih di Pedalaman, KPU Butuh Bantuan Ditjen Dukcapil

128
×

Urus Data Pemilih di Pedalaman, KPU Butuh Bantuan Ditjen Dukcapil

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) membutuhkan bantuan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) untuk mendata calon pemilih yang berada di pedalaman. Sehingga, mereka bisa mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Kalau pendataan pemilih ya seperti biasa saja tapi memang ini perlu kita koordinasikan lagi dengan Ditjen Dukcapil,” kata Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (19/1).

Gulir ke Bawah
Selamat Membaca

KPU, kata Betty, bakal berkomunikasi dengan Ditjen Dukcapil mengenai data pemilih kelompok tersebut. Bagi mereka yang belum didata, akan dikeluarkan nomor induk kependudukan (NIK).

“Saya tanya orang lingkungan hidup dan kehutanan (LHK), ada datanya enggak yang belum terdaftar? Atau tadi dinas sosial, ada datanya enggak? Kalau ada, nanti kami bantu komunikasi ke Pak Dirjen (Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh) supaya bisa data mereka dan ada NIK-nya,” ujar Betty.

Betty menekankan bahwa KPU terus melengkapi data pemilih. Hal ini guna mencegah tuduhan penggelembungan data pemilih. “Sebisa mungkin kami itu mendata pemilih itu lengkap dengan datanya. Sehingga, tidak ada tuduhan menggelembungkan, tidak ada tuduhan yang dibuat-buat,” ucap Betty. (medcom)