Gulir ke bawah
Blibli.com
Shopee Indonesia
iStyle ID
Fashion

Sejarah Cheongsam, Warna Pakaian Pembawa Keberuntungan saat Imlek

279
×

Sejarah Cheongsam, Warna Pakaian Pembawa Keberuntungan saat Imlek

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Baju Cheongsam dan Changsan adalah dua jenis busana yang identik dipakai saat perayaan Tahun Baru China (Imlek).

Kedua baju tersebut merupakan pakaian tradisional khas warga Tionghoa sejak tahun 1920 dan menjadi simbol sosial wanita kelas atas (bangsawan) hingga saat ini. Pakaian yang juga disebut Qipao ini memiliki ciri-ciri mengikuti siluet bentuk tubuh dengan kerah dan kancing berbentuk khusus yang disebut Shanghai. Selain itu, Cheongsam juga biasanya memiliki belahan pada bagian kaki. 

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Namun, seiring perkembangan zaman baju Cheongsam juga mengalami perubahan bentuk dan desain, tapi tetap tidak menghilangkan karakter aslinya. Sebagai pakaian tradisional khusus, Cheongsam juga dianggap memiliki nilai-nilai estetika yang unik dan dicap sebagai tolak ukur seni garmen Cina.

Dulunya, sekitar abad ke-17 dan abad ke-20, baju Changsan merupakan pakaian yang wajib dikenakan oleh setiap pria. Jika ketahuan tidak mengenakannya, maka akan mendapatkan hukuman yang amat berat.

Namun, ketika Dinasti Qing turun dan perintah ini ditangguhkan, baju Changsan kemudian hanya diwajibkan pada pria yang bekerja sebagai pejabat di pengadilan dan kantor pemerintahan.

Baju Changsan ini banyak dipakai oleh para pria di saat acara-acara tradisional seperti Imlek, formal, dan juga pernikahan.

Baju Cheongsam. (Foto: Dok. Instagram/@queen_fashion_import)

Baju Changsan juga semakin mengikuti tren mode dunia sehingga lebih fashionable dan digemari. Bahkan, kadang dipadukan dengan kearifan lokal di berbagai belahan dunia, tanpa melepaskan karakter orientalnya.

Warna Keburuntungan 

Berdasarkan perhitungan kalender China, tahun 2023 merupakan Tahun Kelinci Air. Shio ini melambangkan kerendahan hati, kelembutan dan ketenangan dan juga memiliki warna-warna tertentu yang dianggap dapat membawa keberuntungan. 

Keempat warna yang disarankan adalah warna Royal Red, Ultramarine Blue, Apple Green, dan Lavish Yellow.

Warna-warna dengan aksen merah, hijau, kuning dan biru ini dianggap bisa memberikan keberuntungan, suka cita, kehangatan, dan keberanian. (medcom)

I Love Wallpaper Store