Gulir ke bawah
Nasional

Kementerian Kominfo Siap Jaga Ruang Digital Menuju Pemilu 2024

163
×

Kementerian Kominfo Siap Jaga Ruang Digital Menuju Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Menkominfo, Johnny G. Plate, menjelaskan dalam mempersiapkan pelaksanaan Pemilu 2024, kementeriannya akan meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak.

Salah satunya untuk menjaga ruang digital dan memastikan penyelenggaraan Pemilu berlangsung dengan baik.

Gulir ke Bawah
Selamat Membaca

“Jelang Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024, Kominfo bersama KPU, Bawaslu, DKPP, Kemendagri, Polri, TNI, BSSN, BIN, bahkan Kemenpan RB, mempersiapkan langkah pencegahan dan penanganan ruang digital dengan baik,” ucap Menteri Johnny, dikutip situs dari Kominfo usai Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Dalam rapat tersebut, Menkominfo Johnny didampingi Sekretaris Jenderal Kementrian Kominfo, Mira Tayyiba,  Usman Kansong (Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik), serta Samuel A. Pangerapan (Direktur Jenderal Aplikasi Informatika).

Menurut Menkominfo, Pemilu 2024 nantinya akan berlangsung dalam situasi dunia penuh tantangan. Oleh sebab itu, ruang digital perlu terjaga dengan baik agar segala proses demokratis lebih berkualitas.

Hal tersebut hanya dapat dilakukan dengan cara berkoordinasi dan kolaborasi pemangku kepentingan dengan merumuskan langkah pencegahan, dengan literasi digital, dan penanganan konten negatif.

Menteri Johnny menjelaskan, perwakilan kementerian dan lembaga akan menyepakati segala sistem elektronik Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil juga Komisi Pemilihan Umum secara khusus terjaga dengan keamanan sibernya.

“Kita minta juga kan untuk menguji keandalannya, sehingga bisa lebih punya daya tahan yang baik pada saat menghadapi pemilihan umum,” ucapnya yang dikutip dalam siaran pers Kominfo. (liputan6)