Gulir ke bawah
Tekno

Ada Perabadan Alien yang Bermusuhan dengan Manusia Bumi

233
×

Ada Perabadan Alien yang Bermusuhan dengan Manusia Bumi

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Mahasiswa program doktoral University of Vigo Spanyol, Alberto Caballero, mengungkap ada kemungkinan sekitar empat peradaban alien bermusuhan dengan peradaban manusia Bumi.

Hasil penelitiannya itu ditulis dalam makalah berjudul “Estimating the Prevalence of Malicious Extraterrestrial Civilizations” yang belum mendapat kajian sejawat atau peer-review.

Gulir ke Bawah
Selamat Membaca

“Makalah ini mencoba memberikan perkiraan prevalensi peradaban luar angkasa yang bermusuhan melalui ekstrapolasi (perluasan dari data yang ada dengan pola yang sama) kemungkinan bahwa kita, sebagai peradaban manusia, akan menyerang atau menginvasi sebuah planet di luar tata surya (exoplanet) yang berpenghuni,” tulis Caballero dalam penelitian itu.

Melansir Live Science, Caballero menggunakan metode historis sebelum melihat ke antariksa. Ia lebih dahulu menghitung jumlah negara yang menginvasi negara lain antara tahun 1915 hingga 2022.

Caballero meminjam data dari makalah yang terbit pada 2012 di jurnal Mathematical SETI. Dalam makalah tersebut, penulisnya memprediksi ada 15.785 peradaban alien yang secara teoretis berbagi galaksi dengan manusia Bumi.

Dari data itu, Caballero menyimpulkan kurang dari satu peradaban Tipe 1 (0,22) akan melakukan kontak dengan manusia. Namun, jumlah ‘tetangga yang berbahaya’ itu meningkat menjadi 4,42 ketika para alien masuk ke dalam peradaban tipe 1.

“0,22 Peradaban Tipe 1, dan 4,42 peradaban jika mereka seperti manusia. Saya tidak menyebut 4,42 peradaban dalam makalah saya karena kita tidak tahu apakah mereka seperti kita. Kita bahkan belum mencapai Tipe 1,” kata Caballero seperti dilansir Vice.

Kendati demikian, Caballero mengakui makalahnya punya keterbatasan. Selain itu, Caballero mengakui peluang manusia diserang alien sangat kecil ketimbang terkena serangan asteroid.

“Saya menulis makalah ini berdasarkan hidup yang kita tahu. Kita tidak tahu isi kepala dari mahluk alien,” katanya. “Peluang invasi alien dari peradaban yang kita kirim pesan sekitar dua magnitude lebih rendah daripada peluang planet hancur karena tabrakan asteroid,” ujar Caballero mengakhiri. (sumber: cnn)