Gulir ke bawah
Blibli.com
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Gadget

Masih Pakai Tempered Glass di Smartphone? Ketahui Efeknya

679
×

Masih Pakai Tempered Glass di Smartphone? Ketahui Efeknya

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Saat membeli ponsel baru, biasanya pengguna bakal melengkapinya dengan membeli beberapa aksesoris tambahan. Salah satunya seperti tempered glass atau biasa juga orang sebut dengan Screen Guard/Screen Protector.

Ilustrasi Tempered Glass. (ceklist.id)

Aksesoris tersebut umumnya berbahan dasar kaca tipis atau plastik yang penggunanya rekatkan ke bagian layar ponsel. Tempered Glass pengguna pakai untuk melapisi layar ponsel supaya tidak mudah tergores dan retak bila berbenturan dengan benda keras atau tajam.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Penawaran perlindungan dari produk Tempered Glass ini cukup menarik, mengingat layar punya peranan yang vital dalam pengoperasian ponsel. Namun, adanya aksesoris tambahan tempered glass semacam itu bukan berarti layar ponsel tidak memiliki teknologi pengaman.

Pabrikan HP kini kebanyakan telah membekali produknya dengan teknologi pengaman layar. Kebanyakan ponsel yang beredar saat ini, terutama untuk kategori smartphone. Layarnya telah berlapis dengan kaca keras untuk meminimalisir kerusakan saat jatuh atau terbentur benda keras.

Gorilla Glass mampu melindungi layar ponsel dari goresan dan retakan. Gorilla Glass sendiri juga memiliki beberapa jenis. Untuk jenis yang terbaru, Gorilla Glass Victus, diklaim Corning mampu bertahan dengan baik saat diuji dijatuhkan ke permukaan yang keras dan kasar setinggi sekitar 1,8 meter.

Dengan demikian, apakah ponsel perlu pakai Tempered Glass? Fitur pada Tempered Glass umumnya menawarkan perlindungan pada layar ponsel dari benturan atau goresan. Selain itu, terdapat pula pengaruh tempered glass pada ponsel yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memasangnya.

Tempered glass memiliki beberapa efek samping yang mungkin bakal cukup mengganggu pengalaman pengguna dalam mengoperasikan layar smartphone. Efek ini juga berkaitan dengan kualitas dari jenis Tempered Glass yang digunakan. Pertama, Screen Protector yang berbahan dasar plastik akan cenderung membuat sentuhan menjadi terasa kesat dan kurang nyaman.

Kemudian, Tempered glass yang terlalu tebal bakal mempengaruhi responsivitas sentuhan layar.
Efek pasang tempered glass yang berikutnya adalah layar ponsel bisa jadi tak sedap dipandang. Warna tempered glass bisa menguning seiring lamanya pemakaian dan akhirnya bisa berpengaruh pada tampilan layar ponsel.

Keempat, apabila Tempered Glass tidak terpasang dengan baik, biasanya bakal menimbulkan gelembung udara di layar. Sehingga bakal bisa mengganggu pandangan pula, sebagaimana Selular lansir dari How to Geek.

Mengingat teknologi kaca saat ini cukup untuk melindungi layar ponsel, membeli tempered glass bukanlah suatu kewajiban. Teknologi kaca layar ponsel seperti Gorilla Glass, masih bisa tergores dan retak bila berbenturan dengan berlian. (sumber: selularid)

I Love Wallpaper Store