Gulir ke bawah
Gadget

Ragu dengan Keaslian iPhone Dual SIM Anda? Simak Penjelasannya

999
×

Ragu dengan Keaslian iPhone Dual SIM Anda? Simak Penjelasannya

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Mengenal gadget yang anda pakai adalah salah satu bukti bahwa anda sebagai user cerdas dan teliti. Termasuk bagi para pengguna produk telepon seluler merk iPhone.

Ilustrasi produk iPhone. (GSM Arena)

Untuk diketahui, sejak awal produk ponsel iPhone diluncurkan, hanya menggunakan 1 slot Subscriber Identification Module (SIM) Card. Namun pada perkembangannya, Apple mengembangkan sistem dual sim.

Gulir ke Bawah
Selamat Membaca

Bagaimana dengan tipe dual SIM yang digunakan pada iPhone 11 series dan seri terbarunya di Indonesia? Ternyata masih sama dengan generasi iPhone XS, iPhone 11 series yang dijual di Indonesia hadir dengan tipe Dual SIM berupa Nano SIM dan eSIM alias Embedded SIM.

Nano SIM adalah SIM card fisik dengan ukuran paling kecil yang sudah populer sejak perangkat iPhone 5. Sedangkan eSIM adalah teknologi kartu selular terbaru yang tidak menggunakan bentuk fisik.

Calon pengguna eSIM hanya perlu melakukan pemindaian QR Code dari kode yang diberikan pada operator agar eSIM bisa aktif di ponsel tersebut. Ternyata selain tipe dual sim berupa Nano SIM + eSIM, Apple juga menjual produk iPhone dengan tipe Dual Nano SIM. Produk tersebut hanya dijual di wilayah tertentu sejak tahun 2018 yaitu di Hong Kong, Tiongkok dan Makau.

Sejak beberapa tahun 2019, untuk pasaran Hong Kong, Tiongkok dan Makau iPhone iPhone 11 series dan versi terbaru yang dijual di negara tersebut mendukung Dual Nano SIM. Hal itu dilakukan Apple karena pemerintah Tiongkok secara spesifik menjelaskan bahwa mereka tidak akan mendukung teknologi eSIM lagi.

Sebagai tambahan, produk iPhone 11 series yang dijual di Hong Kong, Tiongkok dan Makau alias Dual Nano SIM tetap dapat digunakan di Indonesia alias tidak dikunci dengan operator khusus di sana. Fitur dual SIM umumnya menggunakan kombinasi dua slot kartu nano SIM.  

Sementara untuk eSIM, merupakan SIM berbentuk digital. Dengan eSIM, pengguna dapat mengaktifkan paket seluler dari operator tanpa harus menggunakan SIM berbentuk kartu fisik. Penggunaan eSIM ini menyebabkan aktivasi fitur dual SIM di iPhone berjalan sedikit berbeda dari smartphone lain.

Cara cek keaslian iPhone anda

Tak jarang ada keluhan dari user iPhone terkait keaslian dari gadget yang dimilikinya. Hal itu tentu tidak diinginkan oleh semua orang mengingat harga gawai satu ini lebih mahal dibanding ponsel dengan sistem operasi lainnya.

Bila selama ini kita hanya mengenal istilah ponsel replika, tiruan, dan KW, maka anda juga harus mengenal istilah HDC (hardcopy). Istilah ini memang sering disandingkan dengan smartphone sehingga kemudian disebut sebagai ponsel/smartphone HDC.