Gulir ke bawah
Blibli.com
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Dunia

Unik, Rusia Kerahkan Pasukan Lumba-lumba Deteksi Ancaman Saat Perang

284
×

Unik, Rusia Kerahkan Pasukan Lumba-lumba Deteksi Ancaman Saat Perang

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Rusia melakukan hal yang cukup unik dalam membantu serangannya ke Ukraina.

Rusia Kerahkan Lumba-lumba untuk Amankan Pangkalan Militernya Foto: Associated Press

Tidak hanya tentara dan senjata berat, Rusia juga mengerahkan lumba-lumba yang telah dilatih secara militer untuk melindungi salah satu pangkalan angkatan lautnya di Laut Hitam.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Cara pertahanan unik ini terungkap berkat foto satelit yang ditangkap oleh perusahaan teknologi antariksa Maxar, dan dianalisa oleh U.S. Naval Institute, seperti dikutip dari Gizmodo, Senin awal pekan ini.

Gambar dari citra satelit itu memperlihatkan dua kandang lumba-lumba di pintu masuk pelabuhan Sevastopol, markas armada angkatan laut Rusia di Laut Hitam.

Lumba-lumba tersebut kemungkinan ditempatkan untuk mengawasi jika ada penyelam yang mencoba menyusup ke pangkalan Rusia.

Penampakan pasukan lumba-lumba Rusia dalam tangkapan foto satelit Foto: dok. Maxar Technologies

Jika Rusia berhasil mengambil alih Odessa, mereka bisa memotong akses perdagangan menjuju Kyiv dan memudahkan mereka mengambil alih bagian barat Ukraina. Rusia sudah menyerang Odessa, tapi belum berhasil mengambil alih daerah tersebut.

Selama Perang Dingin, Rusia telah melatih lumba-lumba untuk mendeteksi penyelam dan kapal selam dari negara musuh serta melindungi kapal-kapal sebagai bagian dari program mamalia laut Uni Soviet.

Sejak Uni Soviet runtuh, program lumba-lumba ini dipindahkan ke Ukraina, tapi setelah Rusia mencaplok Krimea pada tahun 2014, unit tersebut berada di bawah kendali Angkatan Laut Rusia.

Pasukan lumba-lumba Rusia pun pernah dikerahkan untuk perang di Suriah pada akhir tahun 2018. Hal ini terungkap berkat foto satelit yang memperlihatkan keberadaan lumba-lumba di dekat pangkalan angkatan laut di Tartus. (source: detikcom)

I Love Wallpaper Store