Gulir ke bawah
Peristiwa

Gempa Susulan Guncang Banten dan Jakarta, BMKG Minta Masyarakat Waspada

586
×

Gempa Susulan Guncang Banten dan Jakarta, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Gempa susulan M 5.7 pasca guncangan berkekuatan M6.7 sore tadi guncang sejumlah wilayah Banten dan Jakarta. Dan dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi M6.7. (BMKG)

Gempa M 6,7 itu terjadi pukul 16.05.41 WIB, Jumat (14/1). Lokasi gempa ada di koordinat 7,01 Lintang Selatan, 105,26 Bujur Timur atau 52 km arah barat daya dari Sumur, Banten.

Gulir ke Bawah
Selamat Membaca

“Tidak berpotensi tsunami #BMKG,” demikian keterangan BMKG.

Hingga pukul 16.40 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya dua aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo M 3.7 dan M 3.5. Pukul 16.49 WIB, gempa susulan terjadi. Gempa kali ini berkekuatan M 5.7.

Pusat gempa susulan ini ada di 54 km arah barat daya dari Sumur, Banten. Gempa susulan ini juga tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami #BMKG,” tulis BMKG.

Terkait gempa M 6,7 tak berpotensi tsunami di Sumur, Banten, BMKG mengeluarkan sejumlah rekomendasi. Masyarakat terdampak gempa diminta tetap tenang. “Kepada masyarakat di lokasi terdampak diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata BMKG.


“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah,” kata BMKG. (sumber: detikcom)