Gulir ke bawah
Gaya Hidup

Gaya Hidup Ini Bisa Bantu Pencegahan Diabetes, Ayo Disimak!

387
×

Gaya Hidup Ini Bisa Bantu Pencegahan Diabetes, Ayo Disimak!

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Penyakit Diabetes. (Foto: iStock)

WARTA-1 – Data riset kesehatan dasar (Riskesdas) Kemenkes RI pada 2018 lalu mencatat, Indonesia memiliki sekitar 10 juta masyarakat dengan diabetes.

Pengidap diabetes atau kencing manis jumlahnya diyakini akan terus bertambah apabila gaya hidup tidak diubah. Makan masih berlebih, malas bergerak, dan merokok tidak direm.

Gulir ke Bawah
Selamat Membaca

Diabetes merupakan penyakit tidak menular yang tidak dapat disembuhkan, meski dapat dikendalikan. Akan tetapi dengan mulai menerapkan gaya hidup yang sehat, Anda dapat mencegah penyakit satu ini.

Berikut adalah beberapa gaya hidup sehat yang dapat membantu mencegah diabetes berdasarkan berbagai sumber yang dirangkum media ini:

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan ideal adalah salah satu cara mencegah diabetes di kemudian hari. Hal ini disebabkan obesitas (kelebihan berat badan) menjadi salah satu faktor penyebab utama dari diabetes.

Obesitas mengganggu kerja metabolisme yang akhirnya membuat sel-sel dalam tubuh tidak dapat merespons insulin dengan baik. Sehingga tubuh Anda jadi kurang atau sama sekali tidak sensitif terhadap insulin.

Akibatnya, resistensi insulin yang berujung pada diabetes.

2. Perhatikan Pola Makan

Pola makan yang tidak sehat, terutama makan dengan porsi yang berlebihan adalah salah satu pemicu diabetes yang perlu diwaspadai. Pola makan sehat dan tepat membantu menjaga tingkat gula darah.

Anda perlu membatasi makanan manis, minuman olahan, mengubah roti putih dan pasta dengan gandum utuh, dan juga mengganti gula halus serta biji-bijian dengan buah. 

Selain itu, Anda perlu perhatikan pula porsinya. Jangan mengonsumsi makanan dengan porsi berlebih atau banyak. Tapi, itu bukan berarti Anda dapat melewatkan jam makan. Melewatkan jadwal makan tidak membantu mencegah diabetes. Malah, ini bisa membuat Anda kalap untuk makan lebih banyak.

3. Rutin Berolahraga

Gaya hidup mager alias malas gerak ikut menyumbang kenaikan kadar gula darah secara perlahan. Sebuah penelitian dalam jurnal Pediatric Academic Societies melaporkan bahwa orang dewasa yang terbiasa nonton televisi lebih dari tiga jam setiap hari berisiko tinggi mengalami kematian dini karena penyakit kronis, termasuk diabetes.

Oleh sebab itu, biasakanlah diri untuk lebih aktif bergerak dan hindari melakukan suatu kegiatan yang menyebabkan Anda duduk atau berbaring terlalu lama.

Aktivitas fisik dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dapat mendorong proses penyimpanan gula pada jaringan otot dan meningkatkan respons tubuh terhadap insulin.

4. Berhenti Merokok

Berhenti merokok juga dapat membantu Anda mencegah diabetes. Faktanya, diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes yang paling banyak dialami oleh perokok.

Perokok aktif memiliki risiko diabetes 44 persen lebih tinggi daripada yang tidak merokok. Risiko tersebut meningkat sebanyak 61 persen jika Anda merokok lebih 20 batang per hari. 

Jika Anda perokok aktif, tidak ada cara yang lebih ampuh untuk mencegah diabetes selain berhenti merokok. Meski sulit, Anda bisa memulainya sedikit demi sedikit.

5. Perbanyak Minum Air Mineral

Mencegah diabetes bisa Anda lakukan dengan mengurangi konsumsi minuman manis, seperti soda, minuman energi, dan jus buah kemasan). Gantilah minuman manis tersebut dengan air mineral yang dapat meningkatkan kemampuan sel-sel tubuh merespon insulin dengan baik.

Bila kesulitan menerapkan cara mencegah penyakit kencing manis apalagi jika Anda termasuk golongan yang berisiko, konsultasi dokter akan sangat membantu. (sumber: liputan6)