Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Olahraga

Kemenkes Siapkan Fasilitas Kesehatan dan Asuransi pada PON Papua

1147
×

Kemenkes Siapkan Fasilitas Kesehatan dan Asuransi pada PON Papua

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah melakukan sejumlah persiapan untuk ikut menyukseskan gelaran PON Papua 2–15 Oktober 2021.

Kemenkes telah menyiapkan sarana prasarana serta sumber daya manusia kesehatan yang akan ditugaskan di venue olahraga.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Berdasarkan keterangan Kemenkes, pada 7 September lalu,  tim kesehatan yang disiapkan terdiri dari 54 tim, dokter 102 orang, perawat 304 orang, supir 110 orang, dan relawan 1.000 orang.

Sedangkan sarana terdiri dari medical centermedical station (venues), 10 rumah sakit (RS) rujukan, dan 51 unit ambulans.

Kemenkes juga menyiapkan rumah sakit rujukan di empat klaster, yaitu RSU Kota Jayapura, RS Umum Daerah (RSUD) Mimika, RSUD Merauke, dan RSUD Yowari Kabupaten Jayapura. Sedangkan untuk rujukan provinsi, RSUD Dok II yang berada di Kota Jayapura.

Selanjutnya, untuk rujukan antarprovinsi terdiri dari RSUD dr Wahidin di Makasar, RSUD dr Sutomo di Surabaya, dan RS Cipto Mangunkusumo di Jakarta.

Mengingat, masih dalam situasi pandemi Covid-19, Kemenkes juga telah menyusun protokol kesehatan, mulai dari prakegiatan, saat kegiatan berlangsung, hingga pascakegiatan.

Sementara itu, Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Papua telah menunjuk 18 rumah sakit rujukan Covid-19 yang dipersiapkan untuk pesta olahraga multievent nasional itu.

Sebanyak 18 rumah sakit tersebar di empat wilayah penyelenggaraan PON Papua, dengan rincian delapan rumah sakit di Kota Jayapura, tiga di Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Merauke, serta empat lainnya di Kabupaten Mimika.

Delapan rumah sakit di Kota Jayapura itu terdiri atas RSUD Jayapura, RSUD Abepura, RSJ Abepura, RS Marthen Indey, RS Provita, RS Bhayangkara, RS Dian Harapan dan RS Angkatan Laut. Lalu, tiga rumah sakit di Kabupaten Jayapura, yaitu RSUD Yowari, RS Silas Papare, dan RS Kwainggara Keerom.

Sedangkan di Kabupaten Mimika ada RSUD Mimika, RSU Mitra Masyarakat, RS Freeport, dan RS Herlina Kasih. Adapun tiga rumah sakit yang disiapkan untuk klaster Kabupaten Merauke adalah RSUD Merauke, RS TNI Angkatan Laut dan RS Bunda Pengharapan.

Selain rumah sakit rujukan di Papua, PB PON juga telah menjalin kerja sama dengan RS rujukan nasional yang terdiri dari RSUP Cipto Mangunkusumo di Jakarta, RSUP Wahidin Sudirohusodo di Makassar, RSUP dr Seotomo di Surabaya, dan RSUP Sanglah di Bali.

Tak hanya rumah sakit, mereka juga telah menyiapkan sebanyak 420 tenaga medis untuk membantu selama penyelenggaraan PON Papua nanti. Mereka terbagi menjadi 115 orang yang akan ditempatkan di Kota dan Kabupaten Jayapura, 100 orang di Kabupaten Merauke dan 90 orang di Kabupaten Mimika.

Jumlah tersebut juga bakal didukung oleh fasilitas ambulans dan medical station di masing-masing arena pertandingan.

I Love Wallpaper Store