Gulir ke bawah
Blibli.com
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia
Gaya Hidup

Bagi yang Ingin Diet, Ketahui Dulu Beberapa Hal Ini

376
×

Bagi yang Ingin Diet, Ketahui Dulu Beberapa Hal Ini

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Banyak program diet yang ditawarkan. Mulai dari diet yang moderat hingga ekstrem. Namun, tak ada satu pun yang dapat menjamin keberhasilan penurunan berat badan.

Ilustrasi. (iStockphoto/Anusak Rojpeetipongsakorn)

Penurunan berat badan yang sehat seyogianya didapat melalui proses yang lama dan berkelanjutan. Penurunan berat badan dengan cepat hanya akan berdampak buruk terhadap kesehatan.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Meski banyak program diet yang bisa Anda coba, gaya hidup seimbang, pola makan bergizi, dan pikiran positif tetap menjadi kunci utama penurunan berat badan.

Berikut beberapa tips diet berhasil yang perlu Anda ketahui, mengutip berbagai sumber.

1. Tujuan realistis, fokus pada kesehatan

Banyak orang menjalani program diet demi menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, tujuan itu kebanyakan membuat program diet justru tak berhasil.

Ahli diet Ann Kulze menyarankan Anda untuk menetapkan tujuan yang realistis, bahkan sebelum memulai program diet.

“Jika Anda menetapkan tujuan yang sulit, seperti kehilangan belasan hingga puluhan kilogram dalam waktu singkat, maka yang Anda dapatkan hanya-lah kegagalan,” ujar Ann, mengutip WebMD.

Sebaliknya, program diet akan lebih berhasil jika Anda fokus pada kesehatan dan menciptakan strategi yang masuk akal.

2. Lakukan perlahan

Keberhasilan diet memerlukan perubahan gaya hidup yang konsisten dan membutuhkan waktu lama.

“Anda memiliki peluang [menurunkan berat badan] lebih besar jika Anda menurunkannya secara perlahan,” ujar Ann. Dia juga menyebut, diet ekstrem yang membuat banyak orang kelaparan justru memiliki tingkat kegagalan yang tinggi.

3. Konsumsi makanan yang bervariasi dan padat nutrisi

Makanan yang sehat adalah kunci. Mengutip Medical News Today, cara sederhana untuk membuat perencanaan makanan adalah dengan membaginya ke dalam 50 persen buah dan sayuran, 25 persen biji-bijian, dan 25 persen protein. Lengkapi dengan asupan serat total 25-30 gram per hari.

Jangan lupa juga untuk menghilangkan lemak trans dari makanan dan batasi asupan lemak jenuh. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi asupan asam lemak tak jenuh tunggal yang lebih sehat.

4. Pangkas asupan kalori cair

Minuman berkalori seperti minuman bersoda dan berpemanis memang sangat menggoda. Namun, Anda perlu memangkas asupan kalori dalam bentuk cair ini.

Kalori cair dikenal sebagai ‘kalori kosong’ karena memberikan kandungan energi ekstra tanpa menawarkan manfaat nutrisi apa pun.

5. Makan dengan mindful
Banyak orang mendapatkan manfaat dari kebiasaan mindful eating atau makan dengan penuh perhatian. Konsep makan ini melibatkan kesadaran penuh dalam diri tentang mengapa, bagaimana, kapan, di mana, dan apa yang Anda makan.

Orang yang memiliki kebiasaan mindful eating juga biasanya makan dengan lebih lambat dan menikmati setiap apa yang masuk ke dalam mulut, berkonsentrasi pada rasa. Makan setidaknya dalam waktu 20 menit, agar tubuh dapat merasa kenyang lebih lama. (sumber: cnnindonesia)

I Love Wallpaper Store